Penulis Utama : Joni Anton Sidiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Uji kekuatan geser balok bertulang berlubang dengan variasi perkuatan lubang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0199098-2004
Subyek : BETON BERTULANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam mendesain ruang seorang perencana dituntut untuk lebih bisa memanfaatkan space/ruang yang ada hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi interiornya tanpa banyak mengurangi segi keindahan bangunan tersebut sehingga biaya pembangunannya akan lebih ekonomis. Dalam hal ini pengurangan interior untuk gedung bertingkat bisa dilakukan dengan tidak mengunakan plafon untuk menutupi lantai diatasnya. Dengan tidak mengunakan plafon secara otomatis tinggi ruang/lantai akan tampak lebih tinggi sehingga akan mengurangi biaya atau lebih ekonomis. Namun hal tersebut akan berakibat utilitas pada bangunan seperti pipa AC, jaringan listrik dan air, lampu dan sebagainya tidak tampak rapi sehingga akan menimbulkan kesan yang kurang baik. Penggunaan struktur beton bertulang sangat memungkinkan untuk mendesain struktur baloknya menjadi balok beton bertulang berlubang yang berfungsi sebagai pendukung konstruksi utilitas pada bangunan tersebut, sehingga utilitas pada bangunan tersebut akan tampak rapi dan enak dipandang.

Penelitian ini mengunakan metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui besar kekuatan geser balok beton bertulang berlubang segi empat dengan variasi perkuatan lubang. Dimensi lubang 7,5 x 7,5 cm dan ditempatkan pada daerah geser balok. Hasil pengujian kekuatan gesernya dibandingkan dengan balok beton bertulang berlubang tanpa tambahan perkuatan.

Hasil penelitian di laboratorium dan pengolahan data menunjukkan bahwa kekuatan geser balok beton bertulang berlubang dengan tambahan perkuatan pada lubang mengalami kenaikan apabila dibandingkan dengan balok beton bertulang berlubang tanpa perkuatan. Kekuatan geser balok beton bertulang berlubang dengan variasi perkuatan jika dibandingkan dengan tanpa perkuatan adalah sebagai berikut: perkuatan sengkang 39525 N mengalami kenaikan kuat geser sebesar 10%, perkuatan baja siku 41990 N mengalami kenaikan kuat geser sebesar 16,87%, perkuatan pelat 44290 N mengalami kenaikan kuat geser sebesar 23,27% dimana besar perkuatan balok tanpa perkuatan adalah 35930 N. Adapun besar nilai lendutan balok beton bertulang berlubang tanpa perkuatan, perkuatan sengkang, perkuatan baja siku, perkuatan pelat berturut-turut adalah 10,02 mm; 9,6 mm; 8,18 mm; 6,74 mm.

Dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kuat geser serta penurunan nilai lendutan dengan adanya tambahan perkuatan. Pada perkuatan pelat nilai kuat gesernya paling tinggi serta nilai lendutannya paling rendah dibandingkan dengan perkuatan yang lain, hal ini menunjukkan bahwa pada perkuatan pelat konsentrasi tegangan geser yang terjadi pada sudut-sudut lubang dapat terdistribusikan secara menyeluruh pada sisi-sisi pelat sehungga nilai kuat gesernya lebih tinggi dibandingkan dengan perkuatan yang lain.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik