Penulis Utama : Alif Alfian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831302004
Tahun : 2015
Judul : AUTHENTIC ASSESSMENT BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Sains S831302004-2015
Subyek : SCIENTIFIC APPROACH SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Alif Alfian. S831302004. Authentic Assessment Berbasis Scientific Approach Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 di SMP. Tesis. Pembimbing I: Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd., II: Dr. Sarwanto, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: karakteristik, tingkat kevalidan dan reliabilitas instrumen, efektivitas penilaian, dan kepraktisan penilaian melalui authentic assessment berbasis scientific approach dengan tema suhu dan perubahannya.

Metode penelitian menggunakan Research And Development (R & D) mengacu pada model Four D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Kegiatan penelitian diawali dengan menyusun silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), bahan ajar, dan alat evaluasi yang divalidasi oleh Tim ahli. Pengujian keefektifan penerapan instrumen penilaian yang dikembangkan menggunakan analisis N-gain ternormalisasi. Data validitas dan reliabilitas instrumen penilaian dianalisis dengan deskriptif persentase. Data hasil belajar dianalisis dengan deskriptif persentase dan peningkatan hasil belajar dihitung dengan N-gain ternormalisasi.

 Hasil validasi ahli dan praktisi terhadap instrumen pada tiga aspek yaitu sintak, perangkat pembelajaran, dan perangkat evaluasi authentic assessment, rataan ketiga aspek tersebut  memperoleh nilai sebesar 94,25% dengan kategori sangat baik. Persentase hasil belajar peserta didik pada kompetensi  sikap, keterampilan, dan pengetahuan mencapai ketuntasan klasikal ≥ 80%. Rataan nilai sikap kelas eksperimen yaitu 3,22 mencapai kategori baik, rataan nilai keterampilan pada kelas eksperimen adalah 3,14 mencapai kategori baik, dan rataan nilai pengetahuan pada kelas eksperimen adalah 85,5 mencapai kategori baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen authentic assessment berbasis scientific approach valid dengan rerata nilai validator 3,77 pada kategori sangat baik dengan koefisien reliabilitas untuk setiap kompetensi penilaian mencapai kategori tinggi atau sangat reliabel. Implementasi perangkat authentic assessment berbasis scientific approach efektif untuk mencapai ketuntasan hasil belajar karena mencapai ketuntasan klasikal ≥ 80%, hasil uji keefektifan ditinjau dari analisis N-Gain ternormalisasi sebesar 0,73 mencapai kategori tinggi. Penerapan authentic assessment berbasis scientific approach praktis ditinjau dari rerata respons peserta didik dan guru mencapai kategori tinggi.

 

 

 

Kata kunci : Authentic Assessment, Scientific Approach, Hasil Belajar

 

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd.,
2. Dr. Sarwanto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP