Penulis Utama : Yulita Nindya Dewi
NIM / NIP : C9611023
×

Bahasa merupakan salah satu alat untuk komunikasi. Oleh karena itu banyak orang yang harus belajar bahasa terutama bahasa asing seperti Bahasa Mandarin. Di Indonesia banyak kota-kota besar yang sudah memiliki sekolah Bahasa Mandarin. Untuk Bahasa Mandarin di SD Tarakanita Solo Baru diajarkan mulai dari materi dasar.
Permasalahan Laporan Tugas akhir ini yaitu, (1) Apa tanggapan siswa terhadap penggunaan metode gerak tangan dan suara dalam proses pembelajaran Bahasa Mandarin pada anak kelas 1 di SD Tarakanita Solo Baru ? (2) Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan metode gerak tangan dan suara dalam proses pembelajaran Bahasa Mandarin pada anak kelas 1 di SD Tarakanita Solo Baru ? Tujuan Laporan Tugas Akhir ini adalah (1) Untuk mengetahui tanggapan dan respon yang positif seperti menirukan gerakan dengan antusias pada saat penulis mereview materi sebelumnya (2) Mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam penggunaan metode gerak tangan dan suara pada proses pembelajaran Bahasa Mandarin. Keadaan siswa-siswi kelas 1 di SD Tarakanita Solo Baru sebelumnya sangat ramai dan tidak mudah untuk diatur, juga masih sulit menyerap materi pelajaran.

Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode gerak tangan dan suara dalam pembelajaran Bahasa Mandarin pada anak kelas 1 di SD Tarakanita Solo Baru. Ternyata hasilnya selain membuat siswa lebih mudah menyerap materi juga membuat siswa berantusias untuk mempelajari Bahasa Mandarin yang semula dianggap sebagai bahasa yang sulit. Tetapi metode ini memerlukan waktu yang cukup panjang dan memerlukan kesiapan yang cukup juga ketrampilan para pengajar.

×
Penulis Utama : Yulita Nindya Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9611023
Tahun : 2014
Judul : Penggunaan Metode Gerak Tangan dan Suara dalam Proses Pembelajaran Bahasa Mandarin Bagi Siswa Kelas 1 SD Tarakanita Solo Baru
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2014
Program Studi : D-3 Sastra Tionghoa
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Prog. Diploma III Bahasa China-C.9611023-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dyah Ayu Puri Palupi, S.E., M.M.
2. Inge Santoso, B.Com., CFP®
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.