Penulis Utama : Satrio Sarwo Trengginas
NIM / NIP : G0011192
×

Latar Belakang: Penggunaan anestesi spinal di bidang obstetri kini sudah sangat banyak digunakan terutama dalam tindakan sectio caesarea. Obat anestesi yang digunakan pada umumnya berupa Bupivacaine dan juga Fentanyl sebagai adjuvant pada Bupivacaine. Dalam praktis, penggunaan Bupivacaine dan Bupivacaine-fentanyl memberi efek samping salah satunya adalah depresi pernapasan. Terjadi penurunan frekuensi pernapasan dan masukan oksigen. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan efek pemberian anestesi spinal terhadap perubahan frekuensi pernapasan sekaligus membandingkan perubahan frekuensi pernapasan antara Bupivacaine dan Bupivacaine-fentanyl.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional yang dilaksanakan pada  Agustus - September 2014 di Instalasi Bedah Sentral dan Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Moewardi. Pengambilan sampel dilakukan secara Quota Sampling, seleksi dilakukan dengan memeriksa kriteria inklusi dan eksklusi sampel penelitian hingga jumlah sampel tercukupi. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 30 pasien. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji Mann-Whitney dilanjutkan dengan analisis diskriminan.

Hasil Penelitian: Dalam uji kesamaan varians didapatkan signifikansi 0.881 (p > 0.05). Pada uji analisis diskriminan untuk perbandingan perubahan frekuensi pernapasan tidak didapatkan perbedaan yang bermakna antara kelompok Bupivacaine dan Bupivacaine-fentanyl di semua variabel pengukuran (p > 0.05). Variabel usia (p = 0.471), waktu (p = 1.000) dan jenis anestesi (p = 0.093) tidak mempengaruhi perubahan frekuensi pernapasan secara bermakna. Variabel berat badan (p = 0.030) dan Indeks Massa Tubuh (p = 0.031) memperngaruhi perubahan frekuensi pernapasan.

 Simpulan Penelitian: Tidak ditemukan perbedaan frekuensi pernapasan yang secara statistik signifikan antara pasien sectio caesarea yang diinduksi Bupivacaine dan Bupivacaine-fentanyl sebagai anestesi spinal.

Kata Kunci: Frekuensi Pernapasan, Bupivacaine, Bupivacaine-fentanyl, Sectio Caesarea

×
Penulis Utama : Satrio Sarwo Trengginas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011192
Tahun : 2014
Judul : Perbandingan Perubahan Frekuensi Pernapasan antara Pemberian Bupivacaine dan Bupivacaine-Fentanyl sebagai Anestesi Spinal pada Pasien Sectio Caesarea
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jurusan Kedokteran-G.0011192-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. M.H. Sudjito, dr., Sp.An., KNA
2. FX. Bambang Sukilarso Sakiman, dr., M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.