Penulis Utama : Sandy Raditya Bimantara
NIM / NIP : I0109092
×

Balok beton bertulang merupakan salah satu bagian struktur yang sangat penting pada suatu bangunan gedung. Balok berfungsi menahan gaya lentur akibat beban yang bekerja di atas lantai dan mendistribusikan beban tersebut ke kolom-kolom penopangnya. Setelah gedung dibangun dan digunakan, balok beton dapat mengalami kerusakan. Apabila dibiarkan dan tidak segera ditangani dapat menyebabkan keruntuhan gedung secara keseluruhan nantinya. Patch repair merupakan salah satu metode perbaikan yang umum dilakukan dengan cara penambalan menggunakan material perbaikan tertentu. Pada penelitian ini digunakan resinous mortar sebagai material perbaikan. Penggunaan Unsaturaded Polyester Resin (UPR) sebagai bahan mortar untuk patch repair diharapkan dapat meningkatkan durabilitas dan kinerja material karena memiliki daya lekat yang cukup baik.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan benda uji berupa balok beton berulang berukuran 150 mm x 250 mm dengan panjang 2000 mm diuji pada umur 90 hari. Total benda uji sebanyak 6 buah dimana 2 buah berupa balok beton normal dan 4 buah berupa balok beton yang mengalami modifikasi kerusakan.
Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan UPR sebagai bahan perbaikan meningkatkan daktilitas balok sebesar 30,6% untuk BR12 dan 80,3%  untuk BS12 dibandingkan balok beton normal. Pada balok BR22 peningkatan daktilitas yang terjadi sebesar 4,59% dan berkurang 13,75% pada BS22 dibandingkan balok beton normal. Pemilihan tulangan turut mempengaruhi kerja UPR sebagai bahan perbaikan, dimana balok dengan tulangan kecil lebih mengoptimalkan kerja UPR sebagai bahan perbaikan. Penggunaan UPR juga mengubah pola retak yang terjadi di daerah lentur.

Kata kunci : Balok beton dengan perbaikan, UPR mortar, umur beton 90 hari, kompatibilitas lentur balok beton bertulang

 

×
Penulis Utama : Sandy Raditya Bimantara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0109092
Tahun : 2014
Judul : Kompatibilitas lentur balok beton bertulang yang diperbaiki dengan upr-based patch repair mortar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2014
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0109092-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. S A Kristiawan, ST, MSc, Ph.D
2. Ir. Agus Supriyadi, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.