Penulis Utama : Nur Hanifah Windiyawati
NIM / NIP : C0210048
×

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk perwujudan kesetaraan gender yang terdapat dalam novel Dadaisme karya Dewi Sartika, Geni Jora karya Abidah El Khalieqy, dan Tabula Rasa karya Ratih Kumala? 2) Bagaimana corak feminisme menurut Dewi Sartika (Dadaisme), Abidah El Khalieqy (Geni Jora), dan Ratih Kumala (Tabula Rasa) dalam menggambarkan sosok tokoh perempuan dalam karyanya?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk perwujudan kesetaraan gender yang terdapat dalam novel Dadaisme karya Dewi Sartika, Geni Jora karya Abidah El Khalieqy, dan Tabula Rasa karya Ratih Kumala 2) Mendeskripsikan dan menjelaskan corak feminisme menurut Dewi Sartika (Dadaisme), Abidah El Khalieqy (Geni Jora), dan Ratih Kumala (Tabula Rasa) dalam menggambarkan sosok tokoh perempuan dalam karyanya.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek material pada penelitian ini adalah tiga novel pemenang sayembara DKJ tahun 2003, yaitu Dadaisme karya Dewi Sartika, Geni Jora karya Abidah El Khalieqy, dan Tabula Rasa karya Ratih Kumala yang di dalamnya terkandung corak feminisme pengarang yang dimunculkan melalui tokoh perempuan dalam karyanya. Objek formal dalam penelitian ini berupa bentuk perwujudan kesetaraan gender dan corak feminisme yang terdapat dalam ketiga novel tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dadaisme karya Dewi Sartika, Geni Jora karya Abidah El Khalieqy, dan Tabula Rasa karya Ratih Kumala. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat dan dialog yang menunjukkan kesetaraan gender dan corak feminisme yang terdapat dalam ketiga novel tiga novel pemenang sayembara DKJ tahun 2003, yaitu Dadaisme karya Dewi Sartika, Geni Jora karya Abidah El Khalieqy, dan Tabula Rasa karya Ratih Kumala.
Simpulan penelitian ini adalah 1) Kesetaraan gender pada ketiga novel pemenang sayembara DKJ tahun 2003 masih menunjukkan ketidakadilan gender dalam bentuk, marginalisasi, subordinasi, stereotip, kekerasan, dan beban kerja 2) Corak feminisme menurut ketiga pengarang pemenang sayembara menulis novel DKJ tahun 2003 ditunjukkan melalui penulisan perempuan dan tubuh perempuan, penulisan perempuan dan bahasa perempuan, penulisan perempuan dan psikologi perempuan, serta penulisan perempuan dan budaya perempuan.

 

×
Penulis Utama : Nur Hanifah Windiyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0210048
Tahun : 2014
Judul : Kesetaraan gender dalam novel pemenang sayembara menulis novel dkj tahun 2003: Tinjauan Ginokritik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2014
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Indonesia-C.0210048-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.