Penulis Utama : Alfonsa Maria Sofia Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851302008
Tahun : 2015
Judul : EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI SURAKARTA DITINJAU DARIKECEMASAN SISWA PADA MATERI POKOK BANGUN DATAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Matematika S851302008-2015
Subyek : STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS)
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Alfonsa Maria Sofia Hapsari S851302008. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) Dan Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri Surakarta Ditinjau dari kecemasan Siswa pada Materi Pokok Bangun Datar. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc., II: Dr. Riyadi, M.Si. Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang lebih baik, model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif SNH atau model pembelajaran kooperatif TSTS; (2) manakah yang memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang lebih baik, siswa dengan kecemasan terhadap matematika rendah, sedang, atau tinggi; (3) manakah yang memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang lebih baik pada masing masing model pembelajaran (pembelajaran langsung , SNH atau TSTS),  siswa dengan tingkat kecemasan terhadap matematika tinggi, sedang atau rendah; (4) manakah yang memberikan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang lebih baik pada masing – masing tingkatan kecemasan terhadap matematika (tinggi, sedang, rendah) model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif SNH atau model pembelajaran kooperatif TSTS.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 252 siswa, dengan rincian 81 siswa pada kelas kontrol, 83 siswa pada kelas eksperimen I dan 88 siswa pada kelas eksperimen II. Instrumen penelitian ini adalah angket kecemasan pada matematika, tes pemahaman konsep dan tes pemecahan masalah. Uji coba tes instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Uji coba instrumen angket meliputi validitas isi, konsistensi internal dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas univariat dan multivariat populasi serta uji homogenitas variansi dan matriks kovariansi populasi. Uji keseimbangan menggunakan analisis variansi multivariat satu jalur dan diperoleh kesimpulan bahwa ketiga populasi penelitian mempunyai kemampuan awal yang seimbang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi multivariat dua jalur sel tak sama.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Model pembelajaran kooperatif TSTS memberikan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif SNH dan model pembelajaran langsung, sedangkan model pembelajaran kooperatif SNH dan model pembelajaran langsung memberikan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang sama baik; (2) Siswa yang memiliki pemahaman konsep  dan pemecahan masalah yang lebih baik adalah siswa dengan tingkat kecemasan terhadap matematika rendah dibandingkan siswa dengan tingkat kecemasan terhadap matematika sedang dan tinggi, sedangkan siswa dengan tingkat kecemasan terhadap matematika sedang lebih baik daripada siswa dengan tingkat kecemasan terhadap matematika tinggi ; (3) Pada model pembelajaran langsung siswa yang memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang lebih baik adalah siswa dengan tingkat kecemasan terhadap matematika rendah dibandingkan siswa dengan tingkat kecemasan terhadap matematika sedang dan tinggi, sedangkan pada model pembelajaran SNH dan TSTS memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang sama; (4) Pada masing – masing tingkatan kecemasan terhadap matematika memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang sama baik pada model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif SNH dan model pembelajaran kooperatif TSTS

 

Kata Kunci: Kecemasan pada Matematika, Pemahaman Konsep, Pemecahan masalah, Model pembelajaran Kooperatif

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Depan Alfonsa.pdf
Isi Alfonsa.pdf
Lampiran Alfonsa.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.,
2. Dr. Riyadi, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP