Penulis Utama : Hendik Krissidarta
NIM / NIP : K8406024
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:  (1) hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dan peningkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS. (2) hubungan yang signifikan antara peningkatan softskills dengan minat berwirausaha pada mahasiswa. (3) hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dan peningkatan softskills dengan minat berwira usaha pada  mahasiswa FKIP UNS.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yang terdiri dari 8 jurusan dan berjumlah 447 mahasiswa. sampel yang digunakan adalah 10% dari keseluruhan  populasi yaitu sebanyak 44 mahasiswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data untuk variabel prestasi belajar dengan menggunakan hasil prestasi belajar IPK mahasiswa. Untuk variabel softskill dan minat berwirausaha menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi ganda komputer seri SPS edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Parmadiningsih UGM Yogyakarta tahun 2004 versi IBM/IN.
Berdasarkan Penelitian dapat disimpulkan: (1) hubungan antara prestasi belajar dan peningkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS berdasarkan perhitungan rx1y = 0,297 maka hipotesis yang berbunyi “ada hubungan antara prestasi belajar dan peningkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS”, dinyatakan diterima. (2) hubungan antara peningkatan softskills dengan minat berwirausaha pada mahasiswa berdasarkan perhitungan Rx2y    = 0,178 dan p < 0,05 yaitu 0,0247 > 0,05, maka hipotesis yang berbunyi “ada hubungan antara peningkatan softskills dengan minat berwirausaha pada mahasiswa”, dinyatakan ditolak. (3) hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dan peningkatan softskills dengan minat berwira usaha pada  mahasiswa FKIP UNS berdasarkan perhitungan Ry(x1,2) = 1,870 dan ? < 0,01 maka hipotesis yang berbunyi “ada hubungan positif yang signifikan prestasi belajar, pengembangan softskill dan minat berwirausaha pada mahasiswa dinyatakan diterima.
Kata kunci : kuantitatif, prestasi belajar, softskill, minat berwirausaha

×
Penulis Utama : Hendik Krissidarta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8406024
Tahun : 2014
Judul : Hubungan antara Prestasi Belajar dan Pengembangan Softskill dengan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa P-IPS FKIP UNS Tahun 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jurusan Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8406024-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. T. Widodo, M.Pd
2. Drs. Ay Djoko Darmono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.