Penulis Utama : Jahid Syaifullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231008008
Tahun : 2015
Judul : PERMAINAN IDENTITAS DALAM MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Permainan Identitas Remaja Dalam Facebook Di Kalangan Pelajar SMA dan SMK Muhamadiyah Di Surakarta).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Ilmu Komunikasi S231008008-2015
Subyek : MEDIA SOSIAL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Jahid Syaifullah S231008008 Permainan Identitas dalam Media Sosial (Analisis Deskriptif Kualitatif Permainan Identitas Remaja Dalam Facebook Di Kalangan Pelajar SMA Muhamadiyah Di Surakarta). Pembimbing I : Dra Prahastiwi Utari M.Si, Ph.D Pembimbing II : Tanti Hermawanti, S.Sos., M.Si. Tesis : Program Studi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta

ABSTRAKS

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana sebenarnya remaja dalam memainkan identitasnya (play identity), dan mengetahui bentuk – bentuk permainan identitas yang dilakukan remaja. Juga mencari bagaimana remaja melakukan play identity.

Masalah pokok dalam penelitian ini bagaimana remaja dalam mempermainkan identitasnya di media sosial Facebook, identitas macam apa yang terbentuk dari permainan identitas tersebut, serta alasan remaja dalam mempermainkan identitas remaja di media sosial Facebook. Mengacu pada teori dari Identitas On-line dari Zao, dkk. (2008) menyatakan munculnya Internet telah mengubah kondisi produk tradisional identitas. Identitas secara fisik terlepas dari pertemuan sosial di lingkungan on-line, sehingga mungkinkan bagi individu untuk berinteraksi dengan satu sama lain di internet dengan modus teks penuh tanpa mengungkapkan apa-apa tentang karakteristik fisik mereka. Teori Johari Window  terdapat empat jenis kepribadian dalam Identity Play: open, blind, hidden dan blur. Pendapat Muangman dikutip oleh Sarlito (2000) mengatakan bahwa remaja adalah Individu mengalami perkembangan psikologis dan pola identifikasi dan kanak-kanak menjadi dewasa.

Jenis penelitian yang digunakan yakni studi analisis deskriptif kualitatif adalah penelitian yang  dilakukan pemeriksaan longitudinal secara mendalam terhadap suatu keadaan atau kejadian dengan menggunakan cara-cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya. Penelitian dilakukan di lima Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Muhammadiyah Surakarta yakni: SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2, SMA Muhammadiyah 3 dan SMK Muhammadiyah 2. Jumlah responden seluruhnya adalah 98 siswa. Subyek penelitian adalah siswa telah memiliki akun facebook telah lebih dari 1 tahun dan aktif aktif dalam mengakses akun facebook-nya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi akun Facebook mereka. Kemudian  data-data yang digunakan di uji kredibilitas dengan model triangulasi.

Hasil penelitian menyatakan remaja SMA Muhammadiah di Surakarta sebagian besar masih berada pada area terbuka yakni Bright Identity , seperti karakter orang timur yang masih terbuka dan ramah terhadap orang lain. Selebihnya melakukan penyamaran identitas (Blur Identity) dan bahkan penyembunyian identitas aslli mereka ( Blind Identity)

 

Kata kunci : permainan identitas, remaja , facebook.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Fulltext TESIS Jahid Syaifullah.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra Prahastiwi Utari M.Si, Ph.D
2. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP