Penulis Utama : Semuel Jeujanan
NIM / NIP : A131208008
×

Semuel Jeujanan, NIM. A131208008. 2015. Kajian Perilaku Masyarakat dalam Pemanfaatan Sumberdaya Alam pada Sub DAS Keerom Distrik Senggi Kabupaten Keerom Provinsi Papua. TESIS. Pembimbing I. Dr. Prabang Setyono, M.Si, II: Prof. Dr. Ir. MTh. Sri Budiastuti, M.Si, Program Studi Ilmu Lingkungan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
ABSTRAK
Pemanfaatan sumberdaya alam oleh masyarakat di Sub DAS Keerom meliputi aktivitas berladang, aktivitas mencari sagu, aktivitas berburu dan aktivitas mengambil kayu. Aktivitas pemanfaatan sumberdaya alam tersebut dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan juga kebutuhan ekonomi. Karena motif utama ekonomi maka mempengaruhi perilaku masyarakat yang didukung oleh faktor-faktor baik faktor internal dan faktor eksternal. Aktivitas pemanfaatan sumberdaya alam tersebut mengakibatkan penurunan fungsi Sub DAS Keerom.
Tujuan Penelitian untuk: 1. Melakukan identifikasi terhadap faktor-faktor yang terkait dengan penurunan fungsi Sub DAS Keerom, 2.Menemukan faktor dominan penyebab penurunan fungsi Sub DAS Keerom, 3. Melakukan identifikasi perilaku masyarakat 4.Mengkaji faktor-faktor pengaruh perilaku masyarakat.
Penelitian lapangan dilakukan di Sub DAS Keerom yaitu kampung Senggi Distrik Senggi dengan metode wawancara mendalam, angket serta diskusi kelompok terfokus. Pemeriksaan kualitas air menggunakan data sekunder pada pemenelitian sebelumnya pada lokasi yang sama.
Hasil identifikasi dilapangan diketahui aktivitas berladang dan penebangan kayu dilakukan di pinggir sungai mengakibatkan terjadinya erosi dan sedimentasi di sungai Keerom. Pemeriksaan kualitas air pada sungai Keerom menunjukkan parameter Zat Padat Tersuspensi (TSS) 792 mg/l, Biological Oxygen Demand (BOD) 15, 09 mg/l, dan Chemical Oxygen Demand (COD) 38 mg/l. Berdasarkan hasil analisis terhadap kondisi perairan pasa Sub DAS Keerom telah terjadi pencemaran sungai taraf tercemar ringan menurut metode Indeks Pencemaran (Pollution index) berkisar 1,22 sampai 3,13. Faktor yang paling dominan dalam penurunan fungsi Sub DAS Keerom adalah aktivitas penebangan kayu yang dilakukan pada pinggir sungai sepanjang aliran sungai. Perilaku masyarakat dalam pemanfaatan sumberdaya alam tergolong kedalam perilaku ramah lingkungan 64, 51 % yang terdiri dari perilaku memelihara 44 % dan perilaku memperbaiki 21 %. Perilaku tidak ramah lingkungan diketahui sebesar 35,49 % yang terdiri dari perilaku merusak 23 % dan perilaku mengabaikan 12 %. Faktor yang mempengaruhi perilaku masyarakat adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari persepsi, motivasi dan keinginan masyarakat dalam merespon faktor-faktor eksternal seperti faktor fisik (sumberdaya alam) faktor ekonomi (pendapatan, permintaan), faktor pendukung (sarana dan prasarana jalan dan telekomunikasi) serta faktor pendorong (lemahnya penegakan hukum serta keterlibatan aparat).
Kata kunci : Sub DAS, Perilaku, Sumberdaya alam dan Faktor pengaruh

×
Penulis Utama : Semuel Jeujanan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A131208008
Tahun : 2015
Judul : KAJIAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM PADA SUB DAS KEEROM DISTRIK SENGGI KABUPATEN KEEROM PROVINSI PAPUA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Lingkungan
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Ilmu Lingkungan A131208008-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prabang Setyono, M.Si
2. Prof. Dr. Ir. MTh. Sri Budiastuti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.