Penulis Utama : Desy Mila Pertiwi
NIM / NIP : G0011068
×

Latar Belakang: Upaya untuk memberikan kesadaran tentang pentingnya kontrasepsi pada ibu postpartum berdampak pada usaha untuk memperkenalkan Metode Amenore Laktasi (MAL), yaitu metode penundaan kesuburan yang mengandalkan eksklusivitas dan perilaku menyusui. Di Indonesia, hanya 15,3% ibu yang memberikan ASI secara eksklusif. Hal ini dapat disebabkan karena rendahnya pengetahuan ibu tentang MAL dan kesalahan dalam perilaku menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan MAL dan perilaku menyusui dengan lama amenore postpartum.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan pada 60 ibu postpartum yang mengunjungi posyandu di Kecamatan Jaten selama Desember 2014. Variabel bebas penelitian ini adalah tingkat pengetahuan MAL, dan perilaku menyusui, yang dibagi menjadi variabel frekuensi, interval, dan durasi menyusui. Sedangkan variabel terikat adalah lama amenore postpartum. Seluruh variabel diukur melalui pengisian kuesioner oleh responden. Data dianalisis dengan uji Spearman dan Pearson, serta uji regresi linier ganda.
Hasil Penelitian: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan MAL dengan lama amenore postpartum (p = 0,495). Terdapat hubungan yang bermakna antara waktu pemberian MPASI, frekuensi, interval, dan durasi menyusui dengan lama amenore postpartum (p < 0,0001; p < 0,0001; p < 0,0001; p = 0,0003). Hasil uji regresi linier mengindikasikan bahwa waktu pemberian MPASI yang lebih cepat berhubungan dengan lama amenore postpartum yang lebih singkat dan sebaliknya (R = 0,644).
Simpulan Penelitian: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan MAL dengan lama amenore postpartum. Terdapat hubungan yang bermakna antara waktu pemberian MPASI, frekuensi, interval, dan durasi menyusui dengan lama amenore postpartum.
Kata Kunci: Pengetahuan, perilaku menyusui, metode amenore laktasi (MAL), amenore postpartum

×
Penulis Utama : Desy Mila Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011068
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan Metode Amenore Laktasi dan Perilaku Menyusui dengan Lama Amenore Postpartum di Kecamatan Jaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0011068-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Asih Anggraeni, dr., Sp.OG
2. Vitri Widyaningsih, dr., MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.