Penulis Utama : Amalia Fitri Pupitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G.0011016
Tahun : 2014
Judul : Hubungan Umur Pertama Terjadinya Bangkitan Epilepsi dengan Skor Kualitas Hidup Pasien Epilepsi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jurusan Kedokteran-G.0011016-2014
Subyek : BANGKITAN PERTAMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang : Epilepsi merupakan penyakit kronis yang paling sering menimbulkan permasalahan medik dan kualitas hidup yang buruk bagi penderitanya yang meliputi fungsi fisik, mental, dan psikososial. Umur pertama terjadinya bangkitan epilepsi saat otak imatur dapat memengaruhi proses maturasi. Sedangkan umur pertama terjadinya bangkitan epilepsi saat otak matur dapat menyebabkan masalah depersonalisasi. Permasalahan ini memengaruhi kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan umur pertama terjadinya bangkitan epilepsi dengan skor kualitas hidup pasien epilepsi. 
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan Agustus – September 2014 di Poliklinik Saraf RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling setelah diseleksi menggunakan metode restriksi. Pengambilan data menggunakan kuesioner QOLIE – 31 dan data rekam medik. Umur pertama terjadinya bangkitan epilepsi dan skor kualitas hidup dianalisis dengan uji Chi – Square (X2) menggunakan SPSS 17.0 for Windows. 
Hasil Penelitian : Dari 30 sampel penelitian, keseluruhan sampel tersebut menderita epilepsi primer. Terdapat 19 orang dengan umur pertama bangkitan pada usia dini, 11 orang memiliki skor kualitas hidup buruk dan 8 orang memiliki skor kualitas hidup baik. Sedangkan 11 orang dengan umur bangkitan pertama pada usia lanjut, 7 orang memiliki skor kualitas hidup buruk dan 4 orang memiliki skor kualitas hidup baik. Uji Chi – Square (X2) menunjukkan hasil X2 hitung (0,096) < X2 tabel (3,841) dan p value = 0,757 (p > 0,05). 
Simpulan Penelitian : tidak terdapat hubungan yang signifikan antara umur pertama terjadinya bangkitan epilepsi dengan skor kualitas hidup pasien epilepsi. 
Kata kunci : umur, bangkitan pertama, skor kualitas hidup, QOLIE – 31

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
20.jpg
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kurnia Mirawati, dr., Sp.S (K)
2. Bagus Wicaksono, Drs., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran