Penulis Utama : Sekar Restika Wibowo
NIM / NIP : K3110063
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai-nilai bimbingan yang terdapat pada peran tokoh Semar dalam wayang purwa, (2) mendeskripsikan kesesuaian nilai-nilai bimbingan pada peran tokoh Semar untuk pembimbingan peserta didik SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tipe riset yang digunakan adalah analisis naratif (semiotika). Penelitian ini mengkaji peran tokoh Semar karena peran Semar membimbing satria dalam wayang purwa identik dengan peran guru pembimbing dalam membimbing peserta didik. Sumber data berasal dari informan, serat lampahan pedhalangan, dan dokumen kaset cerita wayang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menemukan bahwa peran Semar dalam wayang purwa mengandung unsur nilai-nilai bimbingan yang meliputi: (1) memberikan bantuan, (2) memberikan dorongan dan semangat individu ke arah optimalisasi diri, (3) dalam pemberian bimbingan tidak memaksa, (4) pemberian bimbingandiperuntukkan bagi semua orang, (5) memberikan tuntunan, (6) pembimbingan dilakukan kontinu dan terarah kepada tujuan, (7) berupaya mengembangkan keberanian bertindak dan bertanggungjawab, (8) mendorong individu menjadi mandiri, (9) membantu individu mengatasi persoalan, (10) mengarahkan individu
kepada jalan keluar yang lebih baik. Selanjutnya, ditemukan pula kesesuaian nilainilai
bimbingan pada peran tokoh Semar untuk pembimbingan peserta didik SMP.
Dalam menjalankan perannya mengasuh satria, Semar memenuhi unsur nilai-nilai
yang hendaknya dimiliki oleh pembimbing dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling. Sebagai pamong, Semar melaksanakan peran membimbing yang bersifat fasilitatif, konstruktif, dan solutif. Guru pembimbing dapat meneladani nilai-nilai bimbingan peran Semar untuk diterapkan dalam menjalankan peran sebagai konselor di sekolah.
Kata kunci: nilai-nilai bimbingan, peran tokoh Semar, pembimbingan peserta didik

×
Penulis Utama : Sekar Restika Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3110063
Tahun : 2015
Judul : Kajian Nilai-nilai Bimbingan Peran Tokoh Semar dalam Wayang Purwa untuk Keperluan Pembimbingan Peserta Didik SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Jur. Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wagimin, M.Pd
2. Dra. Tuti Hardjajani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.