Penulis Utama : Reyhana Mustafa Banadji
NIM / NIP : G0011167
×

Latar Belakang: Angka kejadian malnutrisi telah mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Sebanyak 6,6 juta anak di bawah lima tahun meninggal pada tahun 2012 di seluruh dunia dan 45% kematian tersebut disebabkan oleh malnutrisi. Prevalensi Balita yang menderita gizi buruk dan gizi kurang terus meningkat selama periode 2007-2013. Di antara penyebab gizi buruk adalah asupan nutrisi yang tidak seimbang, krisis ekonomi yang terus berlangsung, kurangnya pendidikan dan pengetahuan dari orang tua, status ekonomi orang tua (pendapatan dan pekerjaan), pelayanan kesehatan yang belum memadai, virus dan bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit infeksi pada anak, serta pola asuh dari orang tua yang tidak tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti
hubungan tingkat pendapatan orangtua dengan status gizi Balita di Kelurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. 
Metode: Penelitian ini bersifat observasional dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di Kelurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta dalam periode Maret 2014 – Januari 2015. Pengambilan data dilakukan dalam kurun waktu Oktober – November 2014. Sampel penelitian ini adalah Balita di Kelurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan pengukuran langsung berat dan tinggi badan anak. Status gizi anak kemudian diukur berdasarkan indeks BB/U, BB/TB, TB/U, dan IMT/U. Tingkat pendapatan orangtua dinilai dari jumlah pendapatan yang didapat dari berbagai sumber yang dihitung dalam satuan rupiah (Rp). Data dianalisis dengan uji regresi logistik berganda dan Chi – Square.
Hasil: Hasil uji regresi logistik berganda bivariat menunjukkan nilai OR = 1,00 pada tingkat pendapatan dengan indeks BB/TB, BB/U, TB/U, dan IMT/U. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat pendapatan dengan status gizi. Hasil uji Chi – Square menunjukkan nilai p > 0,05 pada tingkat pendidikan ibu dan jenis pekerjaan kepala keluarga terhadap status gizi Balita. hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu dan jenis pekerjaan keluarga terhadap status gizi Balita.
Simpulan: Tidak ada hubungan antara tingkat pendapatan orangtua dengan status gizi Balita di Kelurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. 
Kata kunci: pendapatan orangtua, status gizi, pendidikan ibu, pekerjaan

×
Penulis Utama : Reyhana Mustafa Banadji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011167
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Tingkat Pendapatan Orangtua dengan Status Gizi Balita di Kelurahan Punggawan Kecamatan Banarsari Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0011167-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suhanantyo, drg, M.Si, Med
2. Vitri Widyaningsih, dr, MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.