Penulis Utama : Pristi Manggalani
NIM / NIP : C0110046
×

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimanakah struktur yang membangun cerbung Getih Sri Panggung karya Kukuh S. Wibowo berdasarkan teori struktur Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, ironi)? (b) Bagaimanakah aspek kriminalitas yang tercermin dalam cerbung Getih Sri Panggung karya Kukuh S. Wibowo? (c) Bagaimanakah sikap budaya pengarang terhadap aspek kriminalitas yang terdapat dalam cerbung Getih Sri Panggung?
Tujuan penelitian ini adalah (a) Mendeskripsikan struktur yang membangun cerbung Getih Sri Panggung karya Kukuh S. Wibowo berdasarkan struktur Robert Stanton yanng meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, ironi). (b) Mendeskripsikan aspek kriminalitas yang tercermin dalam cerbung Getih Sri Panggung karya Kukuh S. Wibowo. (c) Mendeskripsikan sikap budaya pengarang terhadap aspek kriminalitas dalam cerbung Getih Sri Panggung.
Manfaat teoritis penelitian ini yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang penelitian terhadap karya sastra. Manfaat praktis, penelitian yaitu ini hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk penelitian sejenis lainnya.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerbung Getih Sri Panggung karya Kukuh S. Wibowo, pengarang cerbung Getih Sri Panggung yaitu Kukuh S. Wibowo.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Berdasarkan unsur struktural yang terdapat dalam cerbung Getih Sri Panggung karya Kukuh S. Wibowo menunjukkan adanya hubungan erat dan saling keterkaitan antara unsur satu dengan yang lainnya yang dirangkum menjadi satu kesatuan yang utuh. (2) Berdasarkan perspektif sosiologi sastra, cerbung Getih Sri Panggung karya Kukuh S. Wibowo menunjukan adanya ketegasan dalam menangani kasus-kasus kriminalitas yang ada di lingkup masyarakat luas. (3) Dilihat dari segi pengarang, dapat disimpulkan bahwa pengarang inginkan sikap ikhlas saling menghargai, saling menghormati antar sesama dan bersikap dewasa dalam menghadapi permasalahan, karena setiap kejahatan yang dilakukan atas dasar sakit hati sebenarnya bisa dicegah asalkan dalam jiwa manusia tertanam sifat legawa (ikhlas) menerima sesuatu.
Kata Kunci: Getih Sri Panggung, Kriminalitas, Sosiologi.

×
Penulis Utama : Pristi Manggalani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0110046
Tahun : 2015
Judul : Aspek Kriminalitas dalam Cerita Bersambung Getih Panggung Karya Kukuh S. Wibowo (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Daerah-C0110046-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S, M. Hum
2. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.