Penulis Utama : Nur Hamidah Fitriyani
NIM / NIP : C0110044
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah penggunaan gaya bahasa dalam Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa? (2) bagaimanakah penggunaan diksi atau pilihan kata dalam Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa? (3) bagaimanakah aspek bunyi (purwakanthi) dan aspek pencitraan yang terdapat dalam Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa? (4) nilai-nilai apa sajakah yang mendukung aspek-aspek stilistika dalam Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa?
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa. (2) mendeskripsikan penggunaan diksi atau pilihan kata dalam Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa. (3) mendeskripsikan aspek bunyi (purwakanthi) dan aspek pencitraan yang terdapat dalam Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa. (4) mendeskripsikan nilai-nilai yang mendukung aspek-aspek stilistika dalam Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berupa naskah Syiir Mitra Sejati berhuruf Arab pegon, yaitu ditulis dengan huruf arab tetapi menggunakan bahasa Jawa. Datanya berupa data tulis yaitu berupa teks Syiir Mitra Sejati yang terdiri dari 22 subbab, yang di dalamnya terdapat aspek-aspek stilistika. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dan metode catat, sedangkan untuk menganalisis pilihan kata (diksi) dan menganalisis pemanfaatan bunyi yang terdiri dari purwakanthi menggunakan metode distribusional dan analisis stilistika, serta untuk menganalisis unsur langsung pada gaya bahasa (majas) dan pencitraan dalam Syiir Mitra Sejati karya Kiai Bisri Mustofa menggunakan metode padan.
Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa (1) gaya bahasa yang terdapat dalam Syiir Mitra Sejati yaitu anafora, epistrofa, mesodiplosis, metonimia, antonomasia, dan simile. (2) diksi atau pilihan kata yang terdapat dalam Syiir Mitra Sejati yaitu sinonim, antonim, kosakata bahasa Indonesia, tembung saroja, tembung plutan, kosakata bahasa Arab dan bahasa Kawi, reduplikasi, afiksasi, dan kata sapaan. (3) pemanfaatan aspek bunyi (purwakanthi) dalam syiir Mitra Sejati yaitu asonansi/purwakanthi swara „persamaan bunyi vokal? yaitu /a/, /i/, /ê/, /u/, serta aliterasi/purwakanthi sastra „persamaan bunyi konsonan yaitu /k/, /n/, /l/, /t/, /s/, /d/, /w/. Pencitraan yang ada dalam syiir Mitra Sejati berupa citraan penglihatan, citraan perabaan, citraan gerak, dan citraan penciuman. (4) nilai-nilai yang terdapat dalam syiir Mitra Sejati secara umum yaitu nilai moral, nilai sosial, nilai budaya, dan nilai pendidikan.
Kata kunci : Syiir Mitra Sejati, stilistika, nilai-nilai

×
Penulis Utama : Nur Hamidah Fitriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0110044
Tahun : 2015
Judul : Telaah Stilistika Syiir Mitra Sejati Karya Kiai Bisri Mustofa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Daerah-C0110044-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S
2. Dr. Dyah Padmaningsih, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.