Penulis Utama : Hendra Bagus Wicaksana
NIM / NIP : F3510043
×

Sumber daya manusia sebagai tenaga kerja memegang peranan yang penting untuk kelangsungan hidup perusahaan karena seluruh kegiatan produksi dipengaruhi oleh kemampuan tenaga kerja yang memproduksi produk untuk dipasarkan. Berhasil tidaknya perusahaan dalam memproduksi produk dipengaruhi oleh sumberdaya manusia sehingga dalam penerimaan karyawan baru diperlukan adanya seleksi yang ketat.

     Produktivitas merupakan perbandingan antara output dibagi dengan input. Produktivitas yang dimaksud ini lebih mengacu pada hasil kerja dari karyawan yang akan menghasilkan suatu produk atau barang yang diinginkan dan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Produktivitas dan beban kerja yang optimal sangat dibutuhkan, karena secara tidak langsung hal tersebut mempengaruhi hasil pendapatan dengan meningkatkan keefektifan dan mutu tenaga kerja dibanding dengan penambahan tenaga kerja.

     Berdasarkan penelitian yang dilakukan, produktivitas dari bulan ke bulan mengalami penurunan yaitu sebesar 2.190.959,5 pada bulan Oktober, 1.980.217,5 m pada bulan November, 1.825.319,5 m pada bulan Desember, karena ada beberapa karyawan yang keluar atau pensiun dan hari kerja yang berkurang, sehingga harus melakuan penghitungan kembali secara optimal dengan menambah jam kerja selama 2 jam setiap hari agar mencapai target sesuai yang diinginkan perusahaan. Dengan menambah jam kerja selama 2 jam maka akan di dapatkan hasil produksi 2.600.00 m/bulan pada bulan Oktober, 2.400.000 m/bulan pada bulan November, 2.300.000 m/bulan pada bulan Desember. Dengan rata-rata 10.000 m/jam. Dengan melakukan perhitungan work load analysis maka dapat diketahui bahwa dengan membebankan dari 219 jam /bulan dihasilkan 1,1 karyawan pada bulan Oktober, 198 jam /bulan dihasilkan 1,0 karyawan pada bulan November, 182 jam /bulan dihasilkan 0,9 karyawan pada bulan Desember. Dengan work force analysis pada bulan Oktober tingkat absensi 7,16 %, bulan November 7,5 %, Desember 7,69 %.

    Dengan mengoptimalkan jam kerja tenaga kerja, maka para tenaga kerja akan lebih memanfaatkan waktu kerjanya sehingga tingkat produktivitas yang tinggi akan dapat dicapai oleh perusahaan. Untuk lebih meningkatkan hasil produksi perusahaan harus menambah jam kerja selama 2 jam setiap harinya, meskipun perusahaan harus menambah biaya untuk gaji bagi para karyawannya. Namun, perusahaan lebih diuntungkan dengan tenaga kerja yang produktif sehingga dapat menghasilkan hasil produksi yang sesuai dengan target.

 

×
Penulis Utama : Hendra Bagus Wicaksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3510043
Tahun : 2013
Judul : Analisis Produktivitas Tenaga Kerja dan Beban Kerja Terhadap Hasil Produksi Kain Grey pada PT Senang Kharisma Textile Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2013
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3510043-2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 3. Sarwoto,SE, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.