Penulis Utama : Apri Winar Cahyani
NIM / NIP : S851308009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik antara, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Problem Based Learning (PBL), atau klasikal, (2) Manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, (3) Pada masing-masing model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT),
Problem Based Learning (PBL) atau klasikal manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik pada siswa dengan gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik, (4) Pada masing-masing gaya belajar visual, auditori,dan kinestetik, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik siswa yang diberi model pembelajaran NHT, PBL, atau klasikal.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain penelitian 3 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII tahun ajaran 2014/2015 di Kabupaten Karanganyar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Tasikmadu, SMP N 2 Kerjo dan SMP PGRI 12 Karanganyar, masing – masing terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen I (NHT), satu kelas sebagai kelas eksperimen 2 (PBL) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (Klasikal). Jumlah seluruh anggota kelas eksperimen adalah 245 siswa. Uji coba instrument dilakukan di SMP N 2 Jaten dengan jumlah responden sebanyak 94 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes kemampuan awal, tes prestasi belajar dan angket gaya belajar siswa.
Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1). Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe NHT sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran PBL. Di sisi lain kedua model pembelajaran tersebut memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari model pembelajaran Klasikal. (2). Prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial lebih baik dari gaya belajar kinestetik. Di sisi lain, siswa dengan gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar matematika yang sama. (3). Pada kategori model pembelajaran, baik model pembelajaran NHT, model pembelajaran PBL, maupun pada model pembelajaran klasikal, prestasi belajar peserta didik dengan gaya belajar visual sama dengan peserta didik dengan gaya belajar auditori. Selain itu prestasi belajar peserta didik dengan gaya belajar visual dan auditori lebih baik dari siswa dengan gaya belajar kinestetik. (4). Pada kategori gaya belajar visual, auditori, maupun kinestetik prestasi belajar peserta didik yang diberi model pembelajaran NHT sama dengan peserta didik yang diberi model PBL. Selain itu, prestasi belajar peserta didik yang diberi model NHT dan PBL lebih baik daripada peserta didik yang diberi model pembelajaran klasikal.
Kata kunci : NHT, PBL, Gaya Belajar, Pendekatan Saintifik, Prestasi Belajar
Matematika.

×
Penulis Utama : Apri Winar Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851308009
Tahun : 2015
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Problem Based Learning (PBL) dengan Pemdekatan Saintifik Pada Materi Operasi Aljabar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP Kelas VIII Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Pendidikan Matematika-S851308009-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc
2. Dr. Budi Usodo, M.pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.