Penulis Utama : Terang Fajar Sutarno Putra
NIM / NIP : I8611032
×

ABSTRAK
Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah Membuat Alat Stretching Manual agar dapat digunakan untuk praktikum dan menerapkan metode yang tepat sehingga dapat menghasilkan suatu alat yang baik dengan biaya yang murah. Pelaksanaan Proyek Akhir ini dimulai dengan mempelajari konsep mesin stretching, mencari informasi tentang komponen- komponen serta harga dari komponen – komponen tersebut, membuat rancangan Alat Stretching Manual, menghitung semua komponen agar didapat hasil yang maksimal dengan biaya yang minimal. Proses selanjutnya adalah pembuatan alat yang meliputi pengelasan, pengeboran, dan yang terakhir adalah finishing yang terdiri dari pengecatan, perakitan komponen, dan uji coba mesin.
Hasil yang diperoleh dari pembuatan Alat Stretching Manual ini adalah sebuah alat dengan menggunakan dongkrak Sebagai pendorongnya. Maksud dari pembuatan alat peraga ini adalah untuk alat praktikum uji tarik. Dana yang digunakan untuk membuat mesin ini sebesar Rp. 6.786.500,- (enam juta tujuh ratus delapan puluh enam ribu lima ratus rupiah). Konsep perancangan oleh penulis juga akan diuraikan dalam laporan.

 ABSTRACT
The purpose of this final project is Making Manual Stretching Equipment to be used for practice and apply appropriate methods so as to produce a good tool at a low cost. Implementation of the Final Project was started by studying the concept of stretching machine, searching for information about the components and the price of the component - the component, draft Stretching Tool Manual, counting all the components in order to obtain maximum results with minimal cost. The next process is the production of tools that include welding, drilling, and the latter is composed of paint finishing, assembly components, and testing machines. The results obtained from the manufacture of this Manual Stretching Tool is a tool by using the jack as the pusher. The purpose of the making of these props are practical tools for the tensile test. Funds were used to create this machine is Rp. 6.786.500 million, - (six million seven hundred and eightty six thousand five hundred rupiahs). Concept design by writers will also be described in the report.

×
Penulis Utama : Terang Fajar Sutarno Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8611032
Tahun : 2014
Judul : Rancang Bangun Mesin Streching pada Proses Pengelasan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2014
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I.8611032 -2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyono, ST., MT
2. Teguh Triyono, ST., MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.