Penulis Utama : Tyas Untoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi pengendalian kualitas produk akhir kain tenun di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : 42 hal.:
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3501080-2004
Subyek : INDUSTRI TEKSTIL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dilakukan pada PT Iskandar Indah Printing Textile, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri textile di Surakarta. Penelitian dilakukan pada minggu ke dua bulan Januari sampai minggu ke dua bulan Februari 2004.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian kualitas produk akhir kain tenun PT Iskandar Indah Printing Textile.

Sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan, maka penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yaitu statistical quality control. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah jumlah produksi dan cacat kain selama tahun 2003. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi , wawancara, dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan metode p-charts. Dari analisis ini dapat diketahui rata-rata proporsi kerusakan, batas atas pengendalian (UCL) dan batas bawah pengendalian (LCL) untuk membuat grafik pengendalian kualitas yang telah dilakukan  yang akan menggambarkan tingkat pengendalian kualitas yang dilakukan oleh perusahaan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : pengendalian kualitas yang dilakukan perusahaan telah berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan yaitu dibawah standar yang ditetapkan perusahaan. Terbukti dengan tidak adanya produk yang diluar kontrol bahkan ada yang hanya mencapai dibawah batas pengendalian sebesar 0,45% yaitu 0,43% dibulan April dan 0,44% dibulan Oktober. Disamping itu perjalanan grafik masih diantara rata-rata proporsi kerusakan sebesar 0,47%. Kerusakan tertinggi hanya mencapai 0,48%, nilai tersebut masih dibawah batas atas pengendalian sebesar 0,49%. Namun perusahaan perlu meneliti kejadian pada bulan April dan Mei dilihat dari nilai kerusakan yang pada bulan April hanya 0,43% naik menjadi 0,48% dibulan Mei. Kejadian yang sama yang perlu diteliti terjadi pada bulan Oktober dan November. Mengapa pada bulan Oktober kerusakan hanya mencapai 0,43% namun kembali naik menjadi 0,48% dibulan November.

Dari kesimpulan diatas, untuk meningkatkan pengendalian kualitas yang telah dilakukan penulis menyarankan kepada perusahaan untuk 1. Hendaknya perusahaan dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan tingkat pengendalian kualitas yang dilakukan melalui pengawasan pada proses produksi, khususnya pada proses penenunan karena kerusakan paling sering terjadi menurut penelitian pada saat penenunan, 2. Sebaiknya pada saat pengkanjian ketepatan ukuran bahan-bahan pendukung dalam pencampuranya (Acrilic, Stracth, Tapioka, lilin, dan air) perlu diteliti kembali karena kerusakan paling sering adalah putus lusi atau putus pakan. Hal ini berkaitan dengan tingkat keuletan benang pada saat pengkanjian, 3. Sebaiknya perusahaan memberikan perhatian penuh pada mesin-mesin yang digunakan. Kebanyakan mesin-mesin tersebut sudah mempunyai usia yang cukup tua sehingga perlu mendapatkan perawatan yang rutin. Perhatian penuh tersebut diantaranya mengganti o nderdil yang sudah tidak berfungsi optimal (meskipun belum rusak) karena apabila tidak segera diganti akan mengakibatkan kerusakan pada o nderdil lain yang masih berfungsi optimal, 4. Sebaiknya perusahaan menaikkan standar kualitas pada saat ini, karena tingkat kerusakan pada saat ini antara 0,43% sampai 0,48%, nilai ini jauh dibawah standar yang telah ditetapkan. Kemungkinan besar karyawan tidak akan tertekan dengan kenaikan standar kualitas apabila kenaikan tersebut tidak terlalu jauh dari kerusakan maksimum pada saat ini sebesar 0,48%.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis