Penulis Utama : Yuda Navy Satria
NIM / NIP : I8611040
×

ABSTRAK

    Universal Characteristic Pump Test merupakan suatu alat uji pompa yang digunakan untuk menentukan karakteristik kinerja pada pompa yaitu menentukan head (H), debit (Q), Water Horse Power (WHP), Brake Horse Power (BHP) dan efisiensi (?). Proyek akhir ini diharapkan dapat menjadikan alat uji pompa yang relatif simple, akurat dan murah.
    Tujuan proyek akhir ini adalah pembuatan pada Universal Characteristic Pump Test. Perencanaan dan pembuatan meliputi mendesain gambar dan perhitungan untuk menentukan komponen - komponen yang akan digunakan dalam proyek akhir seperti bantalan, modifikasi transmisi rantai dan rangka. Selanjutnya proses produksi dan perakitan.
Hasil penulisan proyek akhir ini adalah bantalan yang dipilih yaitu jenis bantalan gelinding (Self Aligning Ball Bearing). Perhitungan transmisi rantai yaitu jumlah gigi untuk sproket (T1) motor listrik 31 dan jumlah gigi untuk sproket (T2) pompa 13. Tegangan lentur pada rangka penumpu bawah sebesar 50,42 N/mm2, angka tersebut lebih kecil dari tegangan tarik ijin material yaitu 91,09 N/mm2 maka, kekuatan rangka yang digunakan aman. Komponen – komponen alat uji pompa ini adalah motor listrik, pompa sentrifugal, reservoir, panel kelistrikan dan inverter micromaster 420.

Kata kunci : pompa sentrifugal, unjuk kerja, inverter.

×
Penulis Utama : Yuda Navy Satria
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8611040
Tahun : 2015
Judul : Pembuatan Universal Characteristic Pump Test
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin Otomotif-I.8611040-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Santoso
2. Purwadi Joko Widodo., S.T ,M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.