Penulis Utama : Anji Permana Putra
NIM / NIP : K4608094
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan Teaching Game for Understanding dan membandingkan penerapan Teaching Game for Understanding dengan pendekatan konvensional dalam meningkatan keterampilan bermain sepak bola siswa kelas VIII SMP N 1 Bendosari Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (PEK). Penelitian dilaksanakan dengan desain Pretest-Postest Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari yang berjumlah 64 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok kontrol sebanyak 32 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes keterampilan sepak bola dribbling, passing dan shooting (Assessing sport skills, 1993), tes membuat keputusan taktik dan pelaksanaan keterampilan yaitu dengan GPAI (Game Performance Assesment Instrument) dan lembar observasi atau lembar pengamatan. 
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Dari segi proses, penerapan TGfU untuk mengajarkan bermain sepak bola adalah efektif. Keefektifan penerapan bermain seperti ditunjukan oleh hasil-hasil analisis data, a) Analisis data dengan lembar observasi terhadap kegiatan siswa dalam proses pembelajaran selama 5 kali pertemuan, bahwa sebagian besar siswa termasuk dalam kategori baik sekali sebanyak 3 siswa atau 9,38%, kategori baik sebanyak 12 siswa atau 37,5% dan cukup sebanyak 17 siswa atau 53,12%. Dalam pembelajaran konvensional tidak dapat dilaksanakan observasi saat pembelajaran berlangsung, karena pembelajaran tidak terdesain dengan rinci sebagaimana pada kelompok eksperimen. b) Dari analisis perbandingan hasil skor pretest dan posttest, siswa dikatakan tuntas belajarnya apabila berada dalam kategori baik sekali, baik dan sedang. Pada kelompok kontrol saat pretest siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 56,25% setelah mendapatkan perlakuan (posttest) meningkat menjadi 20 siswa atau 62,50% dari 32 siswa. Sedangkan pada kelompok eksperimen saat pretest siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 46,87% setelah mendapatkan perlakuan (posttest) meningkat menjadi 27 siswa atau 84,37% dari 32 siswa. (2) Dari segi produk, atau peningkatan keterampilan bermain sepak bola juga menunjukan bahwa pembelajaran permainan sepak bola dengan penerapan TGfU lebih baik dari pada secara konvensional. 
Berdasarkan hasil uji kesamaan dan uji kesejajaran ternyata dua model regresi linier tidak sama, namun sejajar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil peningkatan keterampilan bermain sepak bola antara pendekatan TGfU dengan pendekatan konvensional. Konstanta garis regresi kelompok eksperimen adalah 16.871. Konstanta ini lebih besar dari konstanta garis regresi kelompok kontrol yaitu 14.346. Secara geometris garis regresi kelompok eksperimen diatas garis regresi kelompok kontrol. Dari rata-rata hasil tes akhir siswa yang belajar dengan penerapan TGfU adalah 152 sedangkan rata-rata test akhir siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional adalah 145. Hal ini menunjukkan bahwa hasil peningkatan keterampilan bermain sepak bola dengan penerapan TGfU lebih baik dibanding hasil peningkatan keterampilan bermain sepak bola dengan pendekatan konvensional. 
Kata kunci: penerapan TGfU, keterampilan bermain sepak bola

×
Penulis Utama : Anji Permana Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4608094
Tahun : 2014
Judul : Efek Penerapan Teaching Game for Understanding terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Sepak Bola pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari Tahun Ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jurusan Penjaskesrek-K.4608094-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarwono, M. S
2. Drs. Agus Mukholid, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.