Penulis Utama : Yeyen Yuliasyari
NIM / NIP : C1010037
×

Objek penelitian ini adalah karya sastra yang berjudul Wa Nasi>tu Anni> Imra’ah karya Ichsa>n „Abdul Quddu>s. Tujuan penelitian ini, Pertama, untuk mengetahui unsur-unsur intrinsik yang membangun novel. Peneliti terlebih dahulu mengetahui unsur-unsur struktural dalam novel Wa Nasi>tu Anni> Imra’ah karya Ichsa>n „Abdul Quddu>s yang meliputi alur, tokoh, latar, tema dan amanat. Kedua, untuk mengetahui keadaan sosial masyarakat Mesir, khususnya perempuan Mesir. Ketiga, untuk mengetahui peran tokoh Su’a>d. 
Tahap analisis dibagi menjadi tiga, Pertama, analisis struktural. Kedua, analisis keadaan sosial masyarakat Mesir, khususnya perempuan Mesir. Ketiga, analisis peran tokoh Su?a>d. Metode penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang berupa teks, kata-kata, kalimat yang ada dalam novel Wa Nasitu> Anni> Imra’ah karya Ichsa>n „Abdul Quddu>s dan sumber data sekunder yang berupa data-data yang diambil dari tulisan tentang biografi pengarang dan buku-buku yang relevan dengan penelitian. 
Hasil penelitian ini diperoleh tiga kesimpulan. Pertama, diperoleh unsur-unsur struktural yang membangun karya sastra yang menunjukkan adanya hubungan yang saling berkaitan antara unsur satu dengan unsur lainnya. Kedua, diperoleh penjelasan mengenai keadaan sosial masyarakat Mesir, khususnya pada perempuan Mesir. Ketiga, dapat mengetahui peran tokoh Su?a>d, yang meliputi peran domestik dan peran publik. 
Kata kunci:Wa Nasi>tu Anni> Imra’ah, Ichsa>n ‘Abdul Quddu>s, Sosiologi Sastra.

×
Penulis Utama : Yeyen Yuliasyari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1010037
Tahun : 2014
Judul : Peran Tokoh Su’a>D dalam Novel Wa Nasi>Tu Anni> Imra’ah Karya Ichsa>N ‘Abdul Quddu>S (Analisis Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2014
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jurusan Sastra Arab-C.1010037-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eva Farhah, S.S., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.