Penulis Utama : Mukhibah Rizki Hasanah
NIM / NIP : K2310065
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA N 2 Kebumen dalam menyelesaikan soal-soal materi Gerak Lurus. (2) mengetahui penyebab kesalahan siswa kelas X SMA N 2 Kebumen dalam menyelesaikan soal-soal Fisika materi Gerak Lurus. 
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang didukung data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Kebumen Tahun Ajaran 2014/ 2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Tes dan observasi dilakukan pada siswa kelas X. MIA 4 dan X. MIA 6 SMA N 2 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 63 siswa. Pemilihan siswa tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Wawancara menggunakan teknik snowball sampling. Validitas data pada penelitian kualitatif ini digunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa Kelas X SMA N 2 Kebumen dalam menyelesaikan soal Fisika materi Gerak Lurus adalah: (1) Kesalahan strategi dengan persentase (96,82 %) disebabkan siswa lupa, kurang teliti, bingung menentukan langkah penyelesaian, kurang latihan soal, kurang variasi dalam latihan penyelesaian soal, terburu-buru, dan kekurangan waktu, serta kurangnya evaluasi guru setiap kali pembelajaran. (2) Kesalahan terjemahan (88,88 %) disebabkan siswa lupa, tidak memahami simbol Fisika dari data-data yang disebutkan pada soal, salah mengartikan maksud soal, dan kurang teliti dalam membaca serta memahami maksud soal. (3) Kesalahan konsep (88,88 %) disebabkan siswa kurang belajar, kurang memperhatikan penjelasan guru, dan tidak berani mengajukan pertanyaan ketika ada materi yang belum dipahami. (4) Kesalahan gambar (53,97 %) disebabkan siswa kurang kurangnya pemahaman dalam penyajian data hasil percobaan dalam bentuk grafik. (5) Kesalahan hitung (23,81 %) disebabkan siswa kurang teliti dalam menghitung dan terburu-buru dalam mengerjakan. 
Kata Kunci: analisis, kesalahan menyelesaikan soal, soal Fisika, Gerak Lurus

×
Penulis Utama : Mukhibah Rizki Hasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310065
Tahun : 2015
Judul : Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Pokok Gerak Lurus pada Siswa Kelas X SMA N 2 Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jurusan Pendidikan Fisika-K.2310065-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Soetadi Waskito, M.Pd
2. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.