Penulis Utama : Andi Roswendi
NIM / NIP : S501008003
×

Latar Belakang: Preeklampsia Berat (PEB) merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas ibu di negara berkembang. Human leukocyte antigen G (HLA-G) adalah molekul HLA kelas I nonklasik yang disajikan dalam sel trofoblas extravili. HLA-G memiliki peran dalam komplikasi kehamilan yang melibatkan kerusakan imunologi, seperti pada pre-eklampsia. TNF-a adalah modulator utama respon imun dan inflamasi yang dihasilkan oleh makrofag, limfosit dan trofoblast. Peningkatan konsentrasi dari TNF-a pada pasien dengan preeklampsia berat menunjjukan peranannya dalam patofisiologi preeklampsia
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kadar HLA-G dan TNF a antara kehamilan Preeklampsia berat dengan kehamilan normal.
Bahan dan Metode: Penelitian observasional menggunakan pendekatan Cross sectional. Penelitian dilakukan bulan April 2014 di bagian Obstetri dan Ginekologi RS.Dr. Moewardi Surakarta dan Prodia. Jumlah sampel yang diteliti adalah 40 pasien, terdiri dari 20 pasien hamil normal dan 20 pasien PEB. Subyek memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi dilakukan pemeriksaan kadar HLA-G dan TNF-a serum dengan metode ELISA. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t dengan menggunakan SPSS versi 17.00 for Windows.
Hasil: Uji statistik pada penelitian ini menggunakan Uji t independent, pada HLA-G di dapatkan nilai p=0.03 (p< 0,05)., dan pada TNF-a di dapatkan nilai p=0.04 (p< 0,05)
Kesimpulan: Terdapat perbedaan kadar HLA-G dan TNF-a pada PEB dibandingkan kehamilan normal, dimana kadar HLA-G pada PEB lebih rendah dibandingkan kehamilan normal dan kadar TNF-a pada PEB lebih tinggi dibandingkan kehamilan normal.
Kata kunci: HLA-G, TNF-a, PEB, Kehamilan Normal

×
Penulis Utama : Andi Roswendi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501008003
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan kadar human leukocyte antigen-g dan tumor necrosis faktor alpha pada preeklampsia berat dengan kehamilan normal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Kedokteran Keluarga-S.501008003-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Sulistyowati, dr., Sp.OG(K)
2. Dr. Supriyadi Hari R, dr., Sp.OG
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.