Penulis Utama : Isma Aziz Fakhrudin
NIM / NIP : K4310044
×

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan e-modul ekosistem berbasis problem based learning pada sub pokok bahasan aliran energi untuk sekolah menengah atas. Pengembangan e-modul dilakukan untuk dapat memberikan fasilitas dan suasana pembelajaran yang bersifat kontekstual, mandiri, dan proses pembelajaran problem based learning.
E-modul dikembangkan dengan merujuk pada Borg and Gall dan dimodifikasi menjadi 3D (define, design, develop). Prosedur penelitian tidak mengikutsertakan tahapan diseminasi. Materi yang dikaji dalam e-modul terbatas pada sub pokok bahasan aliran energi. Karakteristik e-modul yang dikembangkan terdapat pada integrasi PBL, integrasi materi hasil riset “Karakteristik Ekofisiologi Reproduksi Hama Tikus Sawah (Rattus Argentiventer Robb & Kloss)”, dan pemaketan produk berupa program aplikasi (.exe). Hasil yang didapatkan dari uji validasi untuk aspek substansi, konstruk, dan media adalah 32 (100 %) kategori sangat baik, 16 (80 %) kategori baik, 44 (84,62 %) kategori baik. Hasil uji coba kecil untuk siswa dan guru mendapatkan nilai 18,67 (93,35 %) dan 15 (100 %) dengan kategori sangat baik untuk kedua responden. Hasil uji coba besar terbatas untuk siswa dan guru mendapatkan nilai 17,63 (88,15 %) dan 14,5 (96,67 %) dengan kategori sangat baik untuk kedua responden.
E-modul yang dikembangkan memiliki karakteristik integrasi PBL, materi hasil riset, dan pemaketan produk sebagai program aplikasi (.exe). E-modul telah dinyatakan layak digunakan untuk kepentingan pembelajaran aliran energi di sekolah menengah atas.

 

×
Penulis Utama : Isma Aziz Fakhrudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4310044
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan e-modul ekosistem berbasis problem based learning pada sub pokok bahasan aliran energi untuk sekolah menengah atas tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K.4310044-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.