Penulis Utama : Bagas Gumilang
NIM / NIP : F3511016
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan K3 yang ada di Perusahaan Roti Ganep’s khususnya dalam hal menentukan prioritas pengendalian bahaya, sebagai upaya untuk menghilangkan atau mengurangi resiko kecelakaan dan sakit yang berhubungan dengan kerja. Data ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan literatur atau buku-buku dengan topik yang diambil.
Penelitian dilaksanakan di Perusahaan Ganep’s pada bagian produksi roti kecik. Hal ini dikarenakan banyaknya potensi bahaya yang ada bila dibandingkan dengan kegiatan produksi lain. Analisis data diperoleh dari yang pertama adalah menghitung peluang insiden yang terjadi di tempat kerja. Kedua, menghitung konsekuensi insiden yang terjadi. Ketiga, mengkombinasikan perhitungan peluang dan konsekuensi untuk mengetahui rating resiko. Keempat, membuat daftar prioritas resiko pekerja.
Berdasarkan data dan analisis data yang ada menunjukan bahwa masih terjadi potensi bahaya yang belum diketahui oleh pihak Perusahaan terhadap keselamatan pekerja. Hal ini juga dipengaruhi oleh perilaku pekerja di tempat kerja yang masih acuh terhadap keselamatannya sendiri. Sebagai contoh salah satu faktor yang menyebabkan perilaku kerja yang tidak aman adalah faktor usia, karena para pegawai yang sudah tua/ yang telah lama bekerja di Perusahaan Roti Ganep’s beranggapan bahwa alat pelindung diri itu tidaklah penting karena dari dulu para pekerja tua sudah terbiasa bekerja tanpa alat pelindung diri.
Pada akhir penulisan, penulis menyarankan agar pihak manajemen Perusahaan Roti Ganep’s berkomitmen untuk menjalankan peraturan secara tegas dengan memberikan teguran bahkan sanksi bila ada pekerja yang tidak menaati peraturan dengan baik. Sedangkan untuk pekerja yang menjalankan K3 dengan baik maka layak diberikan penghargaan berupa sanjungan serta reward sejumlah uang yang telah ditentukan.
Kata kunci: Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Identifikasi bahaya, Penilaian resiko

 

×
Penulis Utama : Bagas Gumilang
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3511016
Tahun : 2015
Judul : Identifikasi potensi bahaya dan penilaian resiko pada proses pembuatan roti kecik di perusahaan roti ganep’s Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Prog. D III Manajemen Bisnis-F.3511016-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.