Penulis Utama : Lukman Affandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7410108
Tahun : 2015
Judul : Kendala implementasi penilaian kurikulum 2013 (Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7410108-2015
Subyek : KURIKULUM 2013
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, kendala yang dihadapi pada saat penilaian, dan upaya untuk menhadapi kendala pada saat penilaian Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini berlangsung selama dua kompetensi dasar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Surakarta. Subjek penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu subjek internal yaitu pendidik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan subjek
eksternal adalah peserta didik Kelas X yang mengambil Mata Pelajaran Ekonomi dan lembaga di SMA Negeri 1 Surakarta. Sumber data berasal dari pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan, dan praktisi pendidikan serta dokumen sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dokumen dan arsip. Validitas data menggunakan triangulasi. Validitas data dengan menggunakan model analisis interaktif. Prosedur penelitian dengan menggunakan model alur berkelanjutan.
Hasil penelitian ini adalah perencanaan penilaian kurikulum yang terjadi pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta telah sesuai dengan harapan yaitu peraturan pemerintah yang telah diterbitkan, yaitu dengan melakukan perencanaan instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pelaksanaan penilaian kurikulum yang terjadi pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta telah sesuai dengan perencanaan yang berarti pelaksanaan penilaian ini telah berjalan dengan sebagian lancar, yaitu pada penilaian sikap dilaksanakan penilaian observasi, penilaian diri, penilaian teman  sejawat, dan jurnal. Penilaian pengetahuan dilaksanakan dengan mengadakan tes lisan, tes tertulis, dan penugasan, sedangkan penilaian keterampilan dilaksanakan dengan penilaian portofolio. Walaupun berjalan dengan sebagian besar lancar, ada kendala yang dihadapi pada pelaksanaan penilaian kurikulum yang terjadi pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta telah sesuai dengan yaitu yang dihadapi oleh pendidik maupun peserta didik. Kendala yang terjadi tersebut telah didiskusikan dengan pihak yang terkait dan telah membuahkan rumusan upaya untuk mengatasi kendala penilaian kurikulum yang terjadi pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta.
Simpulan penelitian ini adalah perencanaan penilaian Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan dengan meyiapkan instrumen penilaian ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan. Pelaksanaan penilaian kurikulum yang terjadi pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dilakukan dengan melaksanakan penilaian sikap (observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal), penilaian pengetahuan (tes lisan, tes tertulis, dan penugasan), dan penilaian keterampilan (penugasan dan portofolio). Pelaksanaan penilaian
Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta pasti terjadi kendala yang dibagi menjadi dua yaitu kendala internal, yaitu pendidik dan kendala eksternal, yaitu peserta didik. Upaya dalam mengatasi kendala ini pelaksanaan penilaian Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta ini dilakukan dengan menganalisis kendala internal dan kendala eksternal penilaian Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta.
Kata kunci: penilaian Kurikulum 2013, perencanaan penilaian Kurikulum 2013, pelaksanaan penilaian Kurikulum 2013, upaya yang dihadapi dalam penilaian Kurikulum 2013, dan upaya menghadapi kendala penilaian Kurikulum 2013.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_00017.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
2. M. Sabandi, S.E, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP