Penulis Utama : Aghnia Mega Safira
NIM / NIP : D0210003
×

ABSTRAK
    Hingga kuartal terakhir tahun 2013, Indonesia dinyatakan sebagai negara dengan user pengguna Path paling aktif di seluruh dunia. Pengguna media sosial path ini didominasi oleh remaja. Sesuatu yang menarik dari media sosial pada new media internet ini adalah apa saja yang diunggah oleh para pengguna sehingga Indonesia bisa menjadi negara penyumbang traffic paling besar di media sosial Path, bagaimana motif penggunaan media sosial yang mendasari pengunggahan moments oleh remaja. Aspek komunikasi yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah studi mengenai pesan dalam fenomena adanya motif dalam mengunggah moments di media sosial Path. Penelitian ini ingin mengetahui apa motif remaja dalam mengunggah moments dengan menganalisa moments yang diungah oleh remaja di media sosial Path.
    Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisa dan mengkategorikan konten isi dari unggahan di Path untuk menemukan gambaran mengenai motif-motif yang ditampilkan oleh remaja pengguna dalam mengunggah moments di media sosial Path. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah pesan berupa moments yang diunggah oleh Mahasiswa FISIP UNS Solo yang aktif mengunggah moments rata-rata satu moments setiap hari pada saat penelitian dilakukan, yaitu pada periode 20 Februari – 20 Maret dan terhubung dengan akun Path peneliti, sebanyak tujuh orang mahasiswa.
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan penulis terhadap unggahan moments remaja di media sosial Path, motif Diversion muncul berupa Diversion melarikan diri dari lingkungan, rutinitas, atau masalah-masalah, dan berupa Diversion pelepasan bentuk emosi.     Personal relationship menampilkan aktivitas pengunggah bersama teman, ungkapan pada teman, dan menampilkan minat yang sama dengan teman. Personal identity merupakan pengalaman berkait keluarga, teman, dan pengalaman personal, pendapat dan  ide mengenai  cara bersikap, cara memandang seseorang, dan ide mengenai kehidupan sehari-hari. Surveillance menampilkan informasi seputar isu dunia politik, dunia hiburan, musibah kecelakaan, dunia olahraga, dan gaya hidup.
Kata Kunci : Motif Penggunaan Media, Media Sosial, Path, Remaja.
ABSTRACT
    Untill the last semester of 2013, Indonesia is stated as the country with most active Path user in the world. This research focused to study about message as one of communication aspect in the phenomenon of motive of teenager in uploading moments at Path social media.
The research was conducted by using descriptive research method. This study analyzed the content of moments uploaded by teenage user at Path and categorized those moments to found conception of motives in uploading those moments. Unit of analysis of this research moments uploaded by path users whom connected to researcher account, according to acces possibility. The path users is students of FISIP UNS Solo, have uploaded at least 1 moment everyday within the research period, 20 February – 20 March 2014.
    The result of this study indicate that Diversion motives showed are diversion from environment, routines or problems, and diversion of emotion release. Personal relationsip motives appeared are uploader’s activity with friend, uploader’s expression to their friends, and about uploader’s similiar interest with their friends. Personal identity motives appeared are about uploader’s experience with family, friends, and personal experience, opini and idea in how to behave, how to seeing somene, and idea about daily activities. Survellance motives showed are talks about political issue, entertainment issue, disaster, sport, amd lifestyle.
Keywords : motive of media usage, social media, path, teenager

×
Penulis Utama : Aghnia Mega Safira
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210003
Tahun : 2015
Judul : Motif Remaja dalam Mengunggah Moments di Media Sosial Path (Studi Deskriptif mengenai Motif dalam Mengunggah Moments di Media Sosial Path di kalangan Mahasiswa FISIP UNS Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.0210003-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.