Penulis Utama : Aan Setya Budi
NIM / NIP : I8710001
×

ABSTRAK
 Sistem plambing adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah bangunan agar bangunan tersebut dapat berfungsi secara optimal. Laporan ini akan membahas mengenai analisis sistem plambing pada Asrama Mahasiswa UNS.
Dalam Analisis Sistem Plambing pada Gedung Asrama Mahasiswa ini metode yang digunakan adalah deskriptif evaluatif, yaitu Metode penelitian yang dalam menelaah variable-variabel penelitiannya menggunakan penggambaran fakta mengenai informasi dan data yang diperoleh. Data tersebut diuraikan dalam bentuk gambar/peta, grafik, tabel dan diagram agar diperoleh hasil kajian yang lebih baik.
Data yang telah diperoleh kemudian di evaluasi untuk menghitung kebutuhan air bersih dan volume air kotor pada Gedung Asrama Mahasiswa. Hasil pembahasan yang diperoleh adalah: (1) jumlah penghuni Asrama Mahasiswa UNS sebanyak 212 orang dan pengunjung 64 orang. (2) Sumber air bersih berasal dari Deep Well sebesar 18 m3/jam dan menggunakan sistem tangki atap. (3) Jumlah total kebutuhan air bersih untuk penghuni dan pengunjung sebesar 66,72 m3/hari. (4) Dengan volume bak penampung air bersih 27.515 m3. (5) Diameter pipa 65 mm, tebal 4,2 mm dan kapasitas pompa 24,294 m3/jam. (6) Volume air buangan total penghuni dan pengunjung sebesar 53,376 m3/hari dan volume septictank sebesar 53,385 m3. (7) Menggunakan pipa ven sistem tegak.(8) Membutuhkan sumur resapan dengan diameter 1 m dan kedalaman 5,5 m.
Kata Kunci: plumbing, air bersih, air kotor, penghuni, bak penampungan, ven, sumur resapan.

×
Penulis Utama : Aan Setya Budi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8710001
Tahun : 2015
Judul : Analisis Plambing Gedung Asrama Mahasiswa ( Studi Kasus Gedung Asrama Mahasiswa UNS )
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Infrastrutur Perkotaan-I.8710001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Budi Utomo, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.