Penulis Utama : Rizky Luqman Hakim
NIM / NIP : F0110114
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur ekonomi yang terjadi serta untuk mengetahui sektor ekonomi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Sukoharjo selama tahun 2008-2013. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa variabel PDRB Kabupaten Sukoharjo dan Provinsi Jawa Tengah Atas Dasar Harga Konstan 2000. Adapun alat analisis yang digunakan antara lain analisis Location Quotient (LQ), Shift Share, Model Rasio Pertumbuhan (MRP), sertaTipologi Klassen.
Berdasarkan hasil analisis LQ menunjukkan bahwa teridentifikasi terdapat tiga sektor yang menjadi basis ekonomi Kabupaten Sukoharjo yaitu sektor pertanian, sektor listrik, gas, dan air bersih, serta sektor perdagangan, hotel, dan restoran.
Dari analisis Shift Share didapatkan hasil bahwa selama tahun 2008-2013 perekonomian Kabupaten Sukoharjo sangat dipengaruhi oleh perubahan perekonomian Jawa Tengah. Analisis MRP mendapatkan hasil bahwa deskripsi sektor ekonomi potensial terdapat pada sektor pertanian, sektor pertambangan dan penggalian, sektor bangunan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor pengangkutan dan komunikasi, sektor keuangan, sewa, dan jasa perusahaan, sektor jasa-jasa. Analisis Tipologi Klassen menunjukkan bahwa sektor pertanian dan sektor listrik, gas, dan air bersih termasuk kategori sektor yang maju dan tumbuh pesat.
Kata Kunci : Sektor Ekonomi, Location Quotient, Shift Share, MRP, Tipologi Klassen

×
Penulis Utama : Rizky Luqman Hakim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0110114
Tahun : 2014
Judul : Analisis Struktur Ekonomi Dan Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008-2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2014
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0110114-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kresno Sarosa Pribadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.