Penulis Utama : Indra Kristianto Pambudi
NIM / NIP : F0310044
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek corporate philanthropy dan sampai sejauh mana tingkat pengungkapannya pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan variabel independen foreign ownership, managerial ownership, board composition, dan company size, serta menggunakan profitability, leverage, umur perusahaan, dan Perum sebagai variabel kontrol. Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN di Indonesia yang menerbitkan laporan tahunan pada tahun 2010-2012.

Pengukuran tingkat corporate philathropy disclosure dalam penelitian ini diadaptasi dari penelitian Raja Ahmad (2010), Amran et al. (2007), Seifert et al. (2003), Adams dan Hardwick (1998), dan Peraturan Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) nomor PER-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan (PKBL). Sampel penelitian ini yaitu 51 perusahaan BUMN yang ada di Indonesia pada periode 2010-2012. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa managerial ownership dan company size memiliki pengaruh signifikan positif terhadap corporate philanthropy disclosure. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel kontrol Perum memiliki pengaruh signifikan terhadap corporate philanthropy disclosure.

Kata kunci: corporate philanthropy, disclosure, agency theory

×
Penulis Utama : Indra Kristianto Pambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0310044
Tahun : 2014
Judul : Corporate Philanthropy Disclosure Pada Perusahaan Bumn Di Indonesia Tahun 2010-2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2014
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F0310044-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Nur Probohudono, SE., M.Si., PhD., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.