Penulis Utama : Sinta Poswandari
NIM / NIP : F1310106
×

Perkembangan penggunaan internet di kalangan masyarakat yang makin meningkat maka pemanfaatan laman sebagai media pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSED) oleh perusahaan menjadi semakin menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Luas pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan pada perusahaan publik di Indonesia dalam Website perusahaan; (2) Pengaruh jenis industri terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan yang go public di BEI. Sampel diambil sebanyak 81 perusahaan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data-data yang dibutuhkan diperoleh dari website masing-masing perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Luas pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSED) oleh perusahaan publik di Indonesia pada website resmi perusahaan tergolong rendah. Indeks CSED secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,48% dan termasuk kategori rendah. Artinya sebagian besar perusahaan publik di BEI belum memanfaatkan secara optimal pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui website; (2) Ada perbedaan luas pengungkapan CSED antar jenis industri. Hasil uji beda memperoleh nilai F sebesar 3,916 dengan p<0,05 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa jenis industri berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSED. Hasil analisis menunjukkan bahwa indeks CSED tertinggi diungkapkan oleh jenis industri mining dengan persentase mencapai 74,26%, peringkat kedua agriculture sebesar 70,26%, peringkat ketiga Basic Industri and Chemical sebesar 66,88%. Sedangkan indeks CSED terendah adalah Infrastructure, utilities, and transporation dengan indeks 52,53%. Artinya kelompok industri mining, agriculture, dan basic industri and chemical memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari pengungkapan CSED.

Kata kunci: Corporate Social and Environmental Disclosure, website, sensivitas industri

×
Penulis Utama : Sinta Poswandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1310106
Tahun : 2014
Judul : Pengungkapan Corporate Social And Environmental Disclosure Pada Perusahaan Publik Di Indonesia Dalam Website Perusahaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2014
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan BIsnis Jur. Akuntansi-F1310106-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Suranta, SE., M.Si., Ak., BKP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.