Penulis Utama : Kamaya Arum Suprobo
NIM / NIP : G0110038
×

Stroke adalah gangguan fungsional otak yang ditandai hilangnya fungsi saraf pusat yang disebabkan gangguan aliran darah ke otak. Istri berperan sebagai primary caregiver saat suami yang terserang stroke. Dampak negatif peran sebagai primary caregiver disebut caregiver burden. Caregiver burden adalah suatu kondisi fisik, psikologis, sosial, dan masalah keuangan yang dialami oleh seseorang yang merawat anggota keluarga yang mengalami kelumpuhan. Cara penanganan caregiver burden dapat dilakukan dengan supportive group therapy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supportive group therapy terhadap caregiver burden pada istri yang berperan sebagai primary caregiver penderita stroke. Supportive group therapy adalah terapi kelompok yang dilakukan dengan bantuan profesional untuk membantu caregiver yang memiliki permasalahan hampir sama agar dapat keluar dari kondisi sulit sehingga dapat mempelajari hal baru, mengevaluasi kekuatan dan kelemahan, menyesuaian diri dan memberikan dukungan psikologis pada caregiver.
Subjek penelitian ini adalah istri yang berperan sebagai primary caregiver dari penderita stroke di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta yang berjumlah 10 orang. Desain penelitian ini adalah desain eksperimen randomized pretest-posttest control group design dengan 5 subjek kelompok eksperimen dan 5 subjek kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan yaitu supportive group therapy sebanyak empat kali pertemuan, dengan metode presentasi, diskusi, sharing, latihan, dan ice breaking.
Teknik pengumpulan data caregiver burden pada penelitian ini menggunakan Caregiver Burden Assessment. Instrumen terapi yang digunakan adalah modul terapi, buku kerja, and lembar evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji Two Sample Independent Mann-Whitney.
Berdasarkan uji hipotesis dengan Two Sample Independent Mann-Whitney diperoleh nilai z sebesar -2.627 dan nilai signifikansi sebesar 0.009 (p < 0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Supportive Group Therapy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan caregiver burden. Berdasarkan hasil tersebut, supportive group therapy diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu pilihan dalam menangani caregiver burden.
Kata kunci: supportive group therapy, caregiver burden, primary caregiver, stroke

 

×
Penulis Utama : Kamaya Arum Suprobo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0110038
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh supportive group therapy terhadap caregiver burden pada istri yang berperan sebagai primary caregiver penderita stroke di rsup Dr. Sardjito Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Psikologi-G.0110038-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr.Nanang Wiyono.,M.Kes.
2. Arif Tri Setyanto, S.Psi., M.Psi., Psi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.