Penulis Utama : Ivan Maulana A
NIM / NIP : I0408041
×

Penyambungan material polyamide dengan friction stir welding merupakan salah satu jenis metode baru dalam dunia pengelasan. FSW merupakan pengelasan dalam kondisi padat. Pengelasan FSW dipengaruhi beberapa parameter yang harus diperhatikan, antara lain: kecepatan putaran, transverse speed, shoulder depth of plunge, and tool geometry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transverse speed dan pemanas tambahan terhadap kekuatan mekanik hasil sambungan las FSW dengan material polyamide.
Parameter pengelasan FSW yang digunakan yaitu kecepatan putaran 1140 rpm. Variasi transverse speed yang digunakan adalah 7,3; 13; 24,5; 33,5 mm/min dengan penambahan pemanas, Kekuatan mekanik terbaik diperoleh pada variabel transverse speed 7,3 mm/min dengan pemanas tambahan. Kekuatan tarik tertinggi adalah 38,25 N/mm², dan kekuatan bending adalah 39,74 N/mm². dengan metode face bending. Sifat terbaik dihasilkan dengan banyaknya material lunak yang menempel pada sambungan dan tidak adanya voids pada strukur.
Kata kunci: friction stir welding, polyamide, transverse speed, penambahan pemanas.

×
Penulis Utama : Ivan Maulana A
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0408041
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Transverse Speed Terhadap Kekuatan Mekanik Sambungan Material Polyamide (Nylon) dengan Metode Friction Stir Welding dengan Pemanas Tambahan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Mesin-I0408041-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyono, ST., MT
2. Nurul Muhayat, ST., MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.