Penulis Utama : Stephanie Liana Widodo
NIM / NIP : I0310041
×

Ketika pemasok menawarkan temporary discount, pengecer harus memutuskan ukuran pemesanan yang tepat. Cara menentukan ukuran pemesanan melalui EOQ. Tetapi, dalam proses produksi tidak semua produk dalam keadaan baik. Adanya produk cacat merupakan hal yang wajar, hal ini disebabkan kualitas produksi yang belum sempurna. Selain itu, pada kenyataannya kapasitas gudang memiliki batas tertentu. Oleh karena itu, diperlukan model EOQ yang mempertimbangkan tiga faktor yaitu produk cacat, temporary discount, dan kapasitas gudang yang terbatas.

Model EOQ pada penelitian ini mengacu pada formulasi persediaan di dua gudang dengan mempertimbangkan produk cacat dan formulasi persediaan dengan adanya temporary discount dan kapasitas gudang terbatas. Tingkat permintaan produk deterministik dan terdapat barang cacat dengan tingkat tertentu yang diketahui. Dua jenis ukuran pemesanan yang digunakan dalam model ini yaitu pemesanan normal dan pemesanan spesial. Temporary discount diberikan jika pengecer memesan dengan ukuran spesial atau pada saat pemesanan pertama dengan ukuran normal selama periode tertentu. Selanjutnya, dilakukan proses pemeriksaan pada produk yang dikirim dari pemasok ke pengecer. Produk cacat dijual dengan harga lebih murah dibandingkan produk baik.

Model ini menyediakan solusi optimal dari penurunan total penghematan biaya persediaan. Contoh numerik juga dilakukan sebagai ilustrasi aplikasi model. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa peningkatan nilai kapasitas gudang dan fraksi temporary discount menyebabkan peningkatan nilai variabel keputusan, biaya persediaan, total penjualan, dan total profit. Sementara peningkatan fraksi biaya simpan menyebabkan penurunan nilai variabel keputusan, biaya persediaan, total penjualan, dan total profit. Sedangkan perubahan tingkat kecacatan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan ataupun terhadap biaya persediaan, total penjualan, dan total profit.

Kata  kunci:  Model  persediaan,  produk  cacat,  temporary  discount,  kapasitas gudang terbatas

×
Penulis Utama : Stephanie Liana Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0310041
Tahun : 2015
Judul : Model Eoq Dengan Mempertimbangkan Produk Cacat, Temporary Discount, Dan Kapasitas Gudang Yang Terbatas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I 0310041-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wakhid Ahmad Jauhari, S.T., M.T.
2. Pringgo Widyo Laksono, S.T, M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.