Penulis Utama : Ermita Puspita Candra
NIM / NIP : F3211039
×

Penelitian ini dilaksanakan pada Januari hingga Februari 2014 di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Klaten. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran lebih mendalam tentang strategi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Pariwisata khusus Obyek Wisata Candi Plaosan.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu referensi dan menjadi pertimbangan pengambilan keputusan pihak Dinas Pariwisata Klaten dalam menghadapi permasalahan yang serupa dengan topic peneliti.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, yaitu mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisis secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Strategi pemasaran yang digunakan oleh Obyek Wisata Candi Plaosan adalah Marketing Mix Jasa, Personal Selling(penjualan perseorangan), Sales Promotion (promosi penjualan), sasaran promosi.Bauran Pemasaran Jasa yang dimaksud adalah :

1. Price (harga) metode penetapan harga tiket masuk yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Klaten yaitu penetapan harga berdasarkan pada biaya operasional, gaji karyawan dan persaingan.

2. Promotion (promosi) kegiatan promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Klaten dengan menggunakan alat bantu periklanan seperti : baliho, brosur, radio, website dan surat kabar.

3. Product (produk) Candi kembar, udara yang segar dan pemandangan alam, seperti : menikmati kehijauan dan kesuburan sawah, serta tidak bising dengan suara kendaraan di Jalan Raya.

4. People (orang) karyawan di Obyek Wisata Candi Plaosan sudah sangat berpengalaman dalam pengelolaan tempat Wisata.

5. Process (proses) proses dibuat sangat jelas sehingga para wisatawan yang dapat mengetaui peraturan yang benar untuk melihat Candi Plaosan secara urut.

6. Pelayanan terhadap pelanggan, memberikan pelayanan kepada para wisatawan dengan baik,  dengan keramahtamahan.

Kata Kunci :(marketing mix), Penjualan perseorangan (sales promotion), dan sasaran promosi.

×
Penulis Utama : Ermita Puspita Candra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3211039
Tahun : 2015
Judul : Strategi Pemasaran Pada Objek Wisata Candi Plaosan Di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Prog. D III Manajemen Pemasaran-F3211039-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Harmadi, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.