Penulis Utama : Cut Misni Mulasiwi
NIM / NIP : S991308014
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku panduan praktik yang valid dan efektif untuk diterapkan pada laboratorium bank mini program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan mengacu design and development research menurut Borg and Gall yang meliputi 8 tahap pengembangan yaitu: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing. Proses validasi dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi internal dan validasi eksternal. Validasi internal dilakukan terhadap komponen-komponen buku dengan menggunakan peer review yang melibatkan ahli materi, ahli media, dan 2 orang praktisi yaitu guru pembina bank mini, sedangkan validasi eksternal dilakukan dengan uji coba kelayakan buku yang melibatkan peserta didik kelas X dan XI Program Keahlian Akuntansi. Metode penelitian yang digunakan pada pelaksanaan uji coba ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) buku panduan praktik laboratorium bank mini yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan layak digunakan menurut hasil validasi oleh ahli/pakar maupun uji coba kelayakan oleh peserta didik, (2) buku panduan praktik laboratorium bank mini yang telah dikembangkan terbukti efektif untuk diterapkan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran praktik sehingga mampu meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan peserta didik.
Simpulan penelitian ini adalah buku panduan praktik laboratorium bank mini yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan nilai keterampilan pencatatan transaksi keuangan pada peserta didik kelas X dan XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta.
Kata kunci: buku panduan, pembelajaran praktik, laboratorium bank mini, kejuruan

 

×
Penulis Utama : Cut Misni Mulasiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991308014
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan buku panduan praktik laboratorium bank mini karistasari dalam rangka meningkatkan keterampilan pencatatan transaksi keuangan pada program keahlian akuntansi smk negeri 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S.991308014-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stat
2. Dr. Djoko Santosa TH., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.