Penulis Utama : Paramita Putri Hapsari
NIM / NIP : S501102048
×

Latar Belakang : Sepsis merupakan respon inflamasi sistemik yang menyangkut banyak sistem di tubuh. Sistem saraf adrenergik teraktivasi saat onset sepsis dan hal ini menyebabkan jantung berdetak lebih cepat sehingga meningkatkan kebutuhan energinya. Bila kebutuhan energi melebihi suplainya maka myokard berisiko mengalami iskemia dan hal ini ditandai dengan peningkatan kadar troponin I. Penggunaan metoprolol diharapkan dapat mengontrol denyut jantung sehingga memperbaiki performa kardiak.
Tujuan : mengetahui pengaruh metoprolol terhadap denyut jantung dan kadar troponin I serta mengetahui apakah ada hubungan penurunan denyut jantung dengan kadar troponin I
Metode : Eksperimental laboratorik dengan desain pretest-postest control group design. Sampel penelitian 32 tikus wistar yang dibagi menjadi dua kelompok, 16 tikus wistar untuk kelompok kontrol (tanpa pemberian metoprolol), 16 tikus wistar untuk kelompok perlakuan (mendapatkan metoprolol 0.5 mg sebagai loading dose, kemudian 0.2 mg/kg/jam intravena sesaat setelah CLP). Sebelum dan 6 jam setelah CLP dilakukan pengecekan denyut jantung dan kadar troponin I. Analisis data untuk membandingkan rerata denyut jantung dan kadar troponin I antar kedua kelompok tidak berpasangan menggunakan uji Mann-Whitney, sedangkan hubungan antara denyut jantung dan kadar troponin I menggunakan uji Korelasi Pearson dengan tingkat kemaknaan 95% (p = 0,05, dikatakan bermakna secara statistik).
Hasil : Hasil uji Mann-Whitney untuk delta HR (selisih denyut jantung sebelum dan sesudah CLP) pada kelompok kontrol (mean HR = 54,25+7.20 kali/menit) dan kelompok perlakuan (mean HR = 43,00+4,16 kali/menit) secara statistik adalah signifikan dengan p = 0,001. Sedang untuk delta troponin I didapatkan nilai p = 0,046 dimana hal ini juga signifikan (mean troponin I kelompok k µg/L dan mean troponin I kelompok perlakuan = 0,03+0,23 µg/L). Uji korelasi Pearson untuk HR-Troponin I didapatkan nilai korelasi 0,808 dan hal ini secara statistik signifikan (p=0,001).
Kesimpulan : Metoprolol menurunkan denyut jantung dan kadar troponin I pada tikus wistar dengan sepsis polimikrobial. Terdapat hubungan antara penurunan denyut jantung dengan kadar troponin I pada tikus wistar dengan sepsis polimikrobial
Kata kunci : Sepsis, CLP, denyut jantung, troponin I, metoprolol

 

×
Penulis Utama : Paramita Putri Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501102048
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh metoprolol terhadap denyut jantung dan kadar troponin i pada tikus wistar dengan sepsis polimikrobial
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S.501102048-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. H. Sugiarto, Sp.PD-FINASIM
2. Dr. Ardana Tri Arianto, M.Si Med, SpAn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.