Penulis Utama : Priaji Setiadani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G.0011159
Tahun : 2015
Judul : Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Mutu Rekam Medis Pasien Rawat Inap di RSUD dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0011159-2015
Subyek : REKAM MEDIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Salah satu komponen mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah tersedianya data/informasi dari rekam medis. Dengan adanya Permenkes No.269 tahun 2008 tentang rekam medis, pencatatan data pasien merupakan suatu keharusan, dan suatu kewajiban hukum.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non-eksperimental. Desain penelitian menggunakan potong-lintang. Penelitian ini dilakukan di instalasi rekam medis rawat inap RSUD DR Moewardi Surakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan metode gabungan yaitu memadukan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif sebagai yang utama sementara pendekatan kuantitatif sebagai penunjang. Sampel diambil secara purposif, yaitu informan sebanyak lima orang pelaksana rekam medis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data kualitatif dilakukan melalui analisis jalinan dan analisis interaktif, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan check list untuk mengetahui output mutu rekam medis.
Hasil: Faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu rekam medis pasien rawat inap di RSUD DR Moewardi terdiri dari masukan sumber daya, proses dan keluaran rekam medis. Masukan sumber daya rekam medis meliputi ketenagaan, dana, material, mesin, metode, sosialisasi, waktu dan informasi. Proses meliputi pelaksanaan rekam medis saat pelayanan medis dan pada saat penanganan berkas, yaitu pengolahan, penyimpanan, peminjaman, dan pengembalian berkas rekam medis. Keluaran rekam medis meliputi kelengkapan isian, keakuratan, tepat waktu pengembalian, dan pemenuhan aspek persyaratan hukum. Mutu rekam medis total sebesar 93,05%, termasuk kategori baik.
Simpulan: Faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu rekam medis pasien rawat inap di RSUD DR Moewardi Surakarta terdiri dari faktor masukan, proses, dan keluaran. Faktor masukan meliputi faktor ketenagaan, faktor dana, faktor material, faktor mesin, faktor metode, faktor sosialisasi, faktor waktu, dan faktor informasi. Faktor proses meliputi pelaksanaan rekam medis yang dibagi menjadi dua tahap, yaitu rekam medis pada saat pelayanan medis dan rekam medis pada saat penanganan berkas meliputi pengolahan, penyimpanan, peminjaman, dan pengembalian berkas rekam medis. Faktor keluaran meliputi kelengkapan isian, keakuratan, tepat waktu pengembalian, dan pemenuhan aspek persyaratan hukum.
Kata kunci: rekam medis, mutu rekam medis

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
10.jpg
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Endang Sutisna S., dr., MKes
2. Penggalih Mahardika H., dr
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran