Penulis Utama : Alfi Rizqi Mazidah
NIM / NIP : I0110013
×

Hartono Lifestyle Mall Solo Baru yang mengalami kenaikan tarikan pengunjung, memerlukan perhatian dalam memberikan kenyamanan dan pelayanan. Fasilitas yang menimbulkan ketidaknyamanan pengunjung adalah terjadinya antrian panjang terutama pada akses keluar kendaraan pengunjung mal saat meninggalkan area parkir. Masalah tersebut diatasi  dengan menerapkan  teori  antrian pada pelayanan pintu keluar parkir, untuk menghasilkan alternatif solusi perbaikan layanan untuk meminimalisir antrian sebagai rekomendasi pengelolaan parkir.
Analisis penelitian dipengaruhi oleh tingkat pelayanan yang berkaitan dengan pelayanan operator pintu keluar dan tingkat kedatangan kendaraan yang akan keluar dari area parkir. Penelitian meliputi sepeda motor dan mobil. Penyelesaian kasus ini menggunakan disiplin antrian First In First Out (FIFO). Perhitungan analisis statistik pada tingkat kedatangan menggunakan distribusi poisson dengan uji chi square dan untuk perhitungan tingkat  pelayanan menggunakan distribusi eksponensial dengan uji kolmogorov-smirnov.

Hasil perhitungan pada penelitian, operator memerlukan waktu pelayanan yang efektif untuk melayani kendaraan keluar adalah selama 5 detik untuk sepeda motor dan 12 detik untuk mobil tanpa palang pintu. Perhitungan analisis sepeda motor dengan persamaan distribusi poisson dan distribusi eksponensial menunjukkan bahwa pola kedatangan dan pelayanan kendaraan pada pintu keluar  berjalan konstan pada semua hari. Sedangkan pada mobil, hasil perhitungan hanya signifikan pada hari Rabu sehingga dengan akses pintu keluar yang tersedia sudah memenuhi permintaan dan mencukupi pelayanan. Perhitungan hari Sabtu dan Minggu dengan persamaan distribusi poisson dan distribusi eksponensial mendapatkan hasil yang tidak signifikan, hal ini menyebabkan perlu adanya perhitungan dengan   persamaan probabilitas yang lain untuk menghasilkan rekomendasi yang tepat untuk meminimalisir antrian yang terjadi pada kedua hari tersebut.


Kata kunci: antrian, pintu keluar parkir, tingkat kedatangan, tingkat pelayanan.

 

Hartono Lifestyle Mall at Solo Baru which have an interest of visitors according to a survey conducted method arises the problem of transportation out of the mall visitors access. This case need for a good management in parking managing, especially on out access that are out from the parking area often arises queue  very long. To decrease the problems in a queue is applying the queue theory in the  gates, so there will be an alternative solutions to make the services better and diminish the queue as the recommendation of parking managing.
Analysis of the research which is influenced by the arrival rate of the vehicles which are out from the parking area and speedy with accuracy in the service vehicle operators who will come out include motorcycles and cars. The solutions  of this case use queue discipline with First In First Out (FIFO). Calculation of statistical analysis at the arrival rate using the poisson distribution with chi square test, whereares calculation at the service rate using the exponential distribution with Kolmogorov-smirnov test.
The research shows for this research, an operator need effective time to serving vehicle which out from parking area are need 5 seconds for motorcycles and 12 seconds for cars. Values were analyzed using the poisson distribution and the exponential distribution shows that arrival system and services vehicle on the out gate motorcycles are constant.  Whereares on the out gate cars, analyzedjust significant on tuesday that it meets the demand access and supplicants services that do not require changes to access. The out gate cars analyzed using the poisson distribution and the exponential distribution on weekend are insignificant, with the result that analyzed of the weekend using another distribution computation to solve queueing occur on the weekend.


Key words: queueing, out gate parking, arrival rate, service rate.

 

×
Penulis Utama : Alfi Rizqi Mazidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0110013
Tahun : 2015
Judul : Evaluasi Panjang Antrian Kendaraan Pada Pelayanan Pintu Keluar Parkir Di Hartono Lifestyle Mall Solo Baru
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jurusan Teknik Sipil-I0110013-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T.
2. Ir. Djumari, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.