Penulis Utama : Yogiek Prasetyo
NIM / NIP : F1211092
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh sikap dan kondisi lingkungan yang dirasakan pada niat wirausaha. Berdasarkan teori Ajzen tentang perilaku direncanakan dan Model Autio tentang niat, hal ini bertujuan untuk mengembangkan model niat kewirausahaan yang menggabungkan kedua faktor manusia dan lingkungan. Secara khusus, model yang diusulkan bertujuan untuk fokus pada tiga konstruksi untuk memprediksi niat kewirausahaan, yaitu sikap umum (pada uang, perubahan, dan daya saing), sikap terhadap kewirausahaan, dan persepsi lingkungan sekolah. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2014, dengan 150 siswa SMK Negeri di Surakarta yaitu SMKN 1, SMKN 4, SMKN 5. Pengujian ini menggunakan model regresi linier berganda dengan sikap dan persepsi kondisi lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa sikap terhadap perubahan, uang, daya saing, kewirausahaan, dukungan lingkungan, hambatan lingkungan dan lingkungan sekolah memiliki hubungan yang signifikan pada niat wirausaha. Namun, pada hubungan antara hambatan lingkungan dengan niat wirausaha memiliki hasil yang negatif. Hal ini mengindikasikan bahwa penurunan hambatan lingkungan mengakibatkan meningkatnya niat wirausaha dengan kata lain semakin rendah hambatan lingkungan maka niat wirausaha siswa semakin tinggi Studi ini diharapkan mampu memberikan implikasi baik secara teoritis, praktis, dan dapat memberikan pemahaman terkait tanggung jawab ilmiah dalam upaya untuk mengembangkan teoriteori sesuai dengan bidang studi yang menjadi tanggung jawab peneliti. Selain itu, implikasi studi juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada pengajar mengenai upaya-upaya yang sebaiknya dilakukan terkait dengan permasalahan yang telah diteliti.
Kata kunci: sikap pada perubahan, sikap pada uang, sikap pada daya saing, sikap pada kewirausahaan, dukungan lingkungan,hambatan lingkungan, lingkungan sekolah, niat wirausaha.

×
Penulis Utama : Yogiek Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1211092
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Sikap dan Kondisi Lingkungan yang Dirasakan Pada Niat Wirausaha ( Studi Pada Siswa SMK Negeri di Surakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2015
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen-F1211092-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, SE. MSi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.