Penulis Utama : Yulia Tri Anggani
NIM / NIP : F1312121
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai pasar yang dicerminkan melalui Price to Book Value (PBV). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen intellectual capital yang diukur menggunakan VAICTM, metode yang dikembangkan oleh Pulic terdiri dari Human Capital Efficiency (HCE), Capital Employed Efficiency (CEE), dan Structural Capital Efficiency (SCE). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Price to Book Value (PBV), sedangkan sebagai analisis tambahan dilakukan perbandingan rata-rata stock return antara sebelum dengan setelah tanggal publikasi laporan keuangan. Sampel penelitian adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian antara tahun 2009-2013. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria tersebut maka sebanyak 119 perusahaan terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji beda menggunakan paired sample t test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) HCE berpengaruh positif terhadap Price to Book Value (PBV), (2) CEE tidak berpengaruh terhadap Price to Book Value (PBV), (3) SCE tidak berpengaruh terhadap Price to Book Value (PBV).
Kata kunci: VAICTM, Human Capital Efficiency (HCE), Capital Employed Efficiency (CEE), Structural Capital Efficiency (SCE), Price to Book Value (PBV), Stock Return.

×
Penulis Utama : Yulia Tri Anggani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1312121
Tahun : 2015
Judul : Intellectual Capital, Nilai Pasar, dan Stock Return Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F1312121-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Y Anni Aryani M.Prof.Acc. Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.