Penulis Utama : Hartanty Utami
NIM / NIP : I0110052
×

Kegiatan Bar Bending Schedule masih dilakukan secara manual, sehingga memakan waktu cukup lama. Diperlukan sebuah inovasi untuk mengatasinya, salah satunya dengan membuat sebuah program bantu pengerjaan Bar Bending Schedule penulangan. Rancangan Program bantu ini memuat antara lain, identifikasi dan proses perhitungan kebutuhan tulangan sesuai input, output berupa gambar pola penulangan dilengkapi jumlah kebutuhan tulangan dalam
meter dan kilogram.

Penelitian ini mencoba membuat rancangan program bantu pengerjaan Bar Bending Schedule penulangan struktur pile cap dan kolom bawah berpenampang segi empat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Tahapan penelitian meliputi studi literatur, pengumpulan data yang dibutuhkan (seperti data pokok proyek, gambar kerja, rancana kerja struktur), desain rancangan program, running program, melakukan analisa dari hasil running program, kemudian menarik simpulan dan saran.

Analisa pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil perhitungan program bantu dengan hasil perhitungan manual. Berdasarakan analisa yang dilakukan disimpulkan bahwa hasil dari program bantu pengerjaan Bar Bending Schedule akurat, dengan selisih 0,00. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan meninjau bagaian lain dari bangunan konstruksi.

×
Penulis Utama : Hartanty Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0110052
Tahun : 2015
Judul : Rancangan Program Pengerjaan Bar Bending Schedule Penulangan Pile Cap dan Kolom Bawah dengan Visual Basic 6.0
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jurusan Teknik Sipil-I0110052-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widi Hartono, S.T, M.T
2. Ir. Sunarmasto, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.