Penulis Utama : Ronald Mahaputra
NIM / NIP : C0709065
×

Ronald Mahaputra, 2015. Pengantar Tugas Akhir ini berjudul Perancangan Visual Identity dan Promosi Solo Heritage Bike Tour Melalui Desain Komunikasi Visual. Visual Identity merupakan salah satu proses untuk menciptakan sebuah identitas suatu Brand melalui media Visual. Strategi promosi merupakan salah satu  aspek  yang  penting  dalam  manajemen  pemasaran  dan  sering  dikatakan sebagai proses berlanjut. Ini disebabkan karena promosi dan Visual Idenitydapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya di perusahaan. Salah satu strategi promosi yang sedang ramai digunakan adalah Brand Activation. Brand Activation dapat didefinisikan sebagai bagian dan proses pemasaran dari sebuah Brand terhadap konsumen dengan menciptakan Brand Experience.

Kota Surakarta memang terkenal dengan beragam wisata budayanya, namun sekarang ini minat dan kesadaran anak muda dalam melesetarikan kebudayaan yang ada disekitar mulai menurun. Jika hal tersebut tidak segera ditanggulangi maka aset budaya lokal di kota Surakarta semakin tergerus oleh perkembangan zaman. Permasalahan tersebut harus segera ditanggulangi dengan serius, karena jika tidak kearifan budaya lokal yang kita miliki akan mulai luntur bahkan akan hilang. Untuk itulah perlu diselenggarakan sebuah brand activation bagi kalangan muda di Surakarta untuk memupuk kembali kepedulian terhadap budaya sekitar mereka.brand activation  dirancang dengan tujuan untuk kembali memperkenalkan warisan budaya yang ada di Kota Surakarta.

Pada perancangan, Sepeda digunakan sebagai media dalam perancangan brand activation. Melalui sebuah perancahan brand activation   bersepeda mengunjungi tempat-tempat warisan budaya dan peninggalan sejarah yang ada di Kota Surakarta. Dalam perancangan brand activation ini akan diambil sebuah tema Wisata Sepeda Jelajah Sejarah. Dengan target audience berupa kalangan muda, perancangan kegiatanya harus dibuat sesuai dengan karakteristik kalangan muda yaitu dengan mengusung tema yang fun dan menarik. Kemudian dirancanglah  dalam  bentuk  visual  yang  kreatif  yang  nantinya  akan membangkitkan minat target audience untuk berpartisipasi dalam kegiatan brand activation dalam rangka melestarikan kembali  warisan budaya dan pariwisata yang ada di kota Surakarta, sehingga dapat memberi manfaat kepada masyarakat baik peserta brand activation maupun masyarakat luas kota Surakarta

Kota Surakarta memang terkenal dengan beragam wisata budayanya, namun sekarang ini minat dan kesadaran anak muda dalam melesetarikan kebudayaan yang ada disekitar mulai menurun. Jika hal tersebut tidak segera ditanggulangi maka aset budaya lokal di kota Surakarta semakin tergerus oleh perkembangan zaman. Permasalahan tersebut harus segera ditanggulangi dengan serius, karena jika tidak kearifan budaya lokal yang kita miliki akan mulai luntur bahkan akan hilang. Untuk itulah perlu diselenggarakan sebuah brand activation bagi kalangan muda di Surakarta untuk memupuk kembali kepedulian terhadap budaya sekitar mereka.brand activation  dirancang dengan tujuan untuk kembali memperkenalkan warisan budaya yang ada di Kota Surakarta.

Pada perancangan, Sepeda digunakan sebagai media dalam perancangan brand activation. Melalui sebuah perancahan brand activation   bersepeda mengunjungi tempat-tempat warisan budaya dan peninggalan sejarah yang ada di Kota Surakarta. Dalam perancangan brand activation ini akan diambil sebuah tema Wisata Sepeda Jelajah Sejarah. Dengan target audience berupa kalangan muda, perancangan kegiatanya harus dibuat sesuai dengan karakteristik kalangan muda yaitu dengan mengusung tema yang fun dan menarik. Kemudian dirancanglah  dalam  bentuk  visual  yang  kreatif  yang  nantinya  akan membangkitkan minat target audience untuk berpartisipasi dalam kegiatan brand activation dalam rangka melestarikan kembali  warisan budaya dan pariwisata yang ada di kota Surakarta, sehingga dapat memberi manfaat kepada masyarakat baik peserta brand activation maupun masyarakat luas kota Surakarta<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman","serif";} </style>

×
Penulis Utama : Ronald Mahaputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0709065
Tahun : 2015
Judul : Perancangan Visual Identity dan Promosi Solo Heritage Bike Tour Melalui Desain Komunikasi Visual
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Desain Komunikasi Visual
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jurusan Desain Komunikasi Visual-C0709065-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ahmad Adib, M. Hum., Ph.D.
2. EstyWulandari, S.Sos.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.