Penulis Utama : Heri Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851308024
Tahun : 2015
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Think Pair And Share (TPS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Fungsi Ditinjau Dari Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Program Studi MagisterPendidikan Matematika-S851308024-2015
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN--TEAN ASSISTED INDIVIDUALIZATION
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model TAI dengan pendekatan saintifik, TPS dengan pendekatan saintifik, atau pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik; 2)  manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tingkat interaksi sosial tinggi, sedang, atau rendah; 3) pada masingmasing  model pembelajaran, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tingkat interaksi sosial tinggi, sedang, atau rendah; 4) pada masing-masing tingkat interaksi sosial siswa, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model TAI dengan pendekatan saintifik, TPS dengan pendekatan saintifik, atau klasikal dengan pendekatan saintifik.
Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Ngawi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel penelitian ini  adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngrambe, SMP Negeri 2 Paron, dan  SMP Negeri 2 Widodaren. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes prestasi belajar matematika dan angket interaksi sosial siswa. Teknik analisis data  menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.
Kesimpulan penelitian ini dinyatakan sebagai berikut. 1) Model TAI dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model TPS dengan  pendekatan saintifik dan klasikal dengan pendekatan saintifik. Model TPS dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar matematika yang sama baiknya model klasikal dengan pendekatan saintifik. 2) Prestasi belajar matematika siswa tingkat interaksi sosial tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa tingkat interaksi sosial sedang dan rendah. Prestasi belajar matematika siswa tingkat interaksi sosial sedang lebih baik dibandingkan dengan siswa tingkat interaksi sosial rendah. 3) Pada model TAI dengan pendekatan saintifik, prestasi belajar  matematika siswa dengan tingkat interaksi sosial tinggi sama baiknya dengan siswa dengan tingkat interaksi sosial sedang, prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat interaksi sosial tinggi dan sedang lebih baik daripada siswa dengan tingkat interaksi sosial rendah. Pada model TPS dengan pendekatan saintifik, prestasi belajar matematika siswa dengan tingkat interaksi sosial tinggi lebih baik daripada siswa tingkat interaksi sosial sedang dan rendah, prestasi belajar matematika siswa tingkat interaksi sosial sedang sama baiknya dengan siswa tingkat interaksi sosial rendah. Pada model klasikal dengan pendekatan saintifik, prestasi belajar matematika siswa tingkat interaksi sosial tinggi lebih baik daripada siswa tingkat interaksi sosial sedang, xv   prestasi belajar matematika siswa tingkat interaksi sosial tinggi dan sedang sama baiknya dengan siswa tingkat interaksi sosial. 4) Pada siswa tingkat interaksi sosial tinggi, model TAI dengan pendekatan saintifik, model TPS dengan pendekatan saintifik, dan model klasikal dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar matematika yang sama baiknya. Pada siswa tingkat interaksi sosial sedang, model TAI dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model TPS dengan pendekatan saintifik dan model klasikal dengan pendekatan saintifik, model TPS dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan model klasikal dengan pendekatan saintifik. Pada siswa tingkat interaksi sosial rendah, model TAI dengan pendekatan saintifik, model TPS dengan pendekatan saintifik, dan model klasikal dengan pendekatan saintifik memberikan prestasi belajar matematika yang sama baiknya.

Kata kunci: TAI dengan pendekatan saintifik, TPS dengan pendekatan saintifik, pembelajaran klasikal, interaksi sosial, prestasi belajar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
bab-0.pdf
bab-i.pdf
bab-ii.pdf
bab-iii.pdf
bab-iv.pdf
bab-v.pdf
artikel-pdf.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Dr. Dewi Retno Sari S, S.Si, M.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP