Penulis Utama : Yusuf Muflikh Raharjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1210064
Tahun : 2014
Judul : Kelayakan Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas VII Wahana Pengetahuan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-K1210064-2014
Subyek : KELAYAKAN BUKU AJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kadar kebakuan, dan menjelaskan tingkat keterbacaan buku ajar buku ajar Bahasa Indonesia Kelas VII Wahana Pengetahuan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan sumber data utama
adalah buku ajar bahasa Indonesia Kelas VII “Wahana Pengetahuan”. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik analisis data menggunakan analisis secara induktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data kelayakan isi, penyajian, dan kadar kebakuan bahasa dianalisis secara mendalam dengan instrumen yang disusun berdasarkan teori-teori relevan sebagai landasan dan informasi dari beberapa narasumber. Pengujian keterbacaan dilakukan dengan teknik uji rumpang tujuh ke beberapa siswa SMP kelas VII dari dua jenis wacana yang telah ditentukan sebelumnya. Kelayakan isi ditinjau dari kesesuaian, keakuratan materi dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta materi pendukung pembelajaran. Kelayakan penyajian ditinjau dari teknik penyajian, penyajian pembelajaran, dan kelengkapan penyajian. Selanjutnya kadar kebakuan ditinjau dari bentuk-bentuk kesalahan berbahasa yang terdapat dalam buku BIWP, baik wacana maupun bagian instruksionalnya. Yang terakhir adalah tingkat keterbacaan dianalisis guna mengetahui mudah tidaknya wacana yang ada untuk dipahami siswa kelas VII.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (a) materi-materi yang terkandung dalam BIWP dapat disebut sebagai buku ajar yang materinya sangat layak, yakni sebesar 98%, (b) BIWP telah menggunakan bentuk penyajian yang layak, yakni 80%, (c) masih terdapat 96 kesalahan dalam kadar kebakuan bahasa, yaitu 29 pada ejaan, 5 pada diksi, 55 pada kata, 22 pada kalimat, dan 7 pada paragraf, dan (d) tingkat keterbacaan bacaan yang sedang untuk dipahami siswa, yakni ditunjukkan dengan skor rerata 56% jawaban yang dapat dijawab dengan benar.
Kata kunci: kelayakan buku ajar, tingkat keterbacaan, Kurikulum 2013

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Awal.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
pernyataan.jpg
Artikel.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd
2. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP