Penulis Utama : Barasena Sayendra Dibsi
NIM / NIP : I0307004
×

ABSTRAK
ProNersHome Care and Nursing Solution merupakan usaha layanan perawatan di rumah (Home Care) yang berdiri tahun 2007 di Surakarta - Jawa Tengah.Berdasarkan pertimbangan bahwa ProNers merupakan perusahaan jasa yang mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, serta ditambah dengan peningkatan status ProNers menjadi perusahaan berbadan hukum sejak Juli 2012, perusahaan membutuhkan suatu proses bisnis yang jelas dan terstruktur untuk menjalankan kegiatan usahanya. Struktur organisasi yang ada berupa struktur organisasi matriks yang terpusat. Peran direktur sangat mendominasi dengan rentang kendali yang besar sehingga apabila tidak ada koordinasi yang baik maka pelaksaanaan aktivitas di perusahaan dapat terganggu. Belum ada panduan yang baku dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan. Oleh karena itu diperlukan perancangan proses bisnis usulan, perancangan struktur organisasi usulan, dan perancangan standard operating procedure (SOP) usulan.
Penelitian ini menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) dengan pendekatan Process Reengineeringyang merupakan langkah perombakan terhadap proses bisnis yang telah berjalan untuk memperbaiki atau memberikan proses yang baru.Dari proses bisnis yang telah adadipelajari setiap aktivitas pekerjaan yang ada di dalam proses bisnis kemudian dapat diketahui entitas/SDM yang diperlukan dan kemudian dapat dijabarkan secara detail ke dalam SOP. Selanjutnya dilakukan verifikasi terhadap rancangan SOP yang telah dibuatkepada direktur dan jajaran perawat yang ada.
Penelitian ini menghasilkan rancangan proses bisnis usulan yang lebih jelas sehingga diharapkan tujuan perusahaan dapat tercapai. Struktur organisasi matriks dengan spesialisasi pekerjaan yang lebih fokus yaitu dengan menambahkan dua orang petugas yang menangani bidang Administrasi dan Keuangan dan bidang Marketing. Rancangan SOP yang dihasilkan terdiri dari sembilan belas SOP.
Kata kunci: home care, business process improvement, process reengineering, standard operating procedure.
ABSTRACT
ProNers Home Care and Nursing Solution is a Home Care company established in 2007 in Surakarta – Central Java. According the fact that ProNers is a service company that make priority to public service, and also the excalation of ProNers’s status to a legal company since July 2012, ProNers needs an appropriate business process to carry out their activities. The organizational structure structure that exist was a centralized matrix structure. The director’s role was excessivewith a large span of control so that if there is less coordination among the staff, the school activities can be disturbed. Therefore, it needsto redesign the business process and the organizational structure, and to design standard operating procedure (SOP).
The research uses Business Process Improvement(BPI) method with process reengineering approach which is stepsto improvebusiness processesorprovideanewprocesses. First step is to studied the actual business process so we can determine the needs of human resource. Then it will bedescribedin detailin theSOP. And finally the director andall nurses will verified theSOPdraft.
The research proposes a more appropriate business process design so the objectives of the company can be achieved. Matrix organizational structure with more focus on job specialization by adding two employees, each of them handle administration and finance division and marketing division.The final design of the SOP consists of nineteen SOPs.
Keywords : home care, business process improvement, process reengineering, standard operating procedure.

×
Penulis Utama : Barasena Sayendra Dibsi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0307004
Tahun : 2015
Judul : Perancanganbusiness Process dan Standard Operating Procedure (SOP) dengan Metode Business Process Improvement (BPI) di Proners Homecare and Nursing Solution Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I0307004-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusuf Priyandari, ST, MT
2. Roni Zakaria, ST, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.