Penulis Utama : Oky Indra Novani
NIM / NIP : C0609011
×

ABSTRAK
Latar belakang penulisan ini karena panda memiliki banyak keistimewaan dan sangat menarik perhatian, sehingga penulis ingin mengungkapkan panda dalam bentuk seni grafis. Dalam hal ini bertujuan ingin mengenal bentuk raut wajah dan tubuh panda yang terkandung didalamnya. Penulis berusaha memahami panda dengan semua keunikan yang terkandung didalamnya agar dapat dijadikan sebagai bahan dalam penciptaan karya seni grafis.
Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk: Mendeskripsikan panda sebagai tema ke dalam seni grafis, merumuskan panda ke dalam konsep visualisasi seni grafis dan menvisualisasikan panda sebagai tema kedalam seni grafis dengan menggunakan teknik cetak dalam.
Teknik yang digunakan dalam membuat karya ini adalah teknik cetak dalam, yaitu seni cetak yang menggunakan klise dalam, artinya bagian dalam akan menyerap tinta dan akan membekas kedalam kertas. Alat-alat yang digunakan adalah Pensil, Kertas gambar, Acrilik, Paku,/ Benda tajam, Tinta cetak, Mesin press, Kertas cetak, dan Kain lap.
Kesimpulan dari karya ini melalui teknik drypoint menyampaikan keunikan panda panda masyarakat umum, seniman, dan pembaca secara umum. Dengan teknik ini diharapkan mampu memaksimalkan dan mengapresiasikan seluruh ilmu yang di dapatkan selama menempuh pendidikan seni rupa, karena dengan media drypoint ini penulis mendapatkan kebebasan berekspresi dengan sesuai ide dan imajinasi yang di kehendaki.
Kata kunci: Panda; Keunikan Bentuk Panda; Cetak Dalam; Seni Grafis.

ABSTRACT
The background of research is that panda has many peculiarities and appeals, so that the writer wants to express panda into graphic art form. In this case, the writer wanted to identify panda’s face and body forms contained within. The writer tried to understand panda with all peculiarities it has to be the material in creating a graphic art work. The objectives of research were: to describe panda as the theme of graphic art, to formulate panda into graphic art visualization concept and to visualize panda as the theme of graphic art using inside printing technique. The technique used in developing this work was inside printing technique: printed art using inside film, meaning that the inside part will absorb ink and leave trace on the paper. The tools used were pencil, drawing paper, acrylic, nail/sharp thing, printed ink, press machine, printed paper, and rag. The conclusion of research was that through drypoint technique, the writer expressed panda’s peculiarity to the public, artists, and readers. In this technique, the writer was expected to maximize and to appreciate entire knowledge she obtained during studying fine art education, because through drypoint media, she could express her idea and imagination independently. Keywords: Panda; Panda Form Peculiarity; Inside Printing; Graphic Art.

×
Penulis Utama : Oky Indra Novani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0609011
Tahun : 2015
Judul : Panda sebagai Tema dalam Seni Grafis
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Seni Rupa Murni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Prog. Seni Rupa Murni-0609011-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nooryan Bahari, M.Sn.
2. Sigit Purnomo Adi, S.Sn., M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.