Penulis Utama : Fuad Mustofa
NIM / NIP : K5610036
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap terhadap  peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ; (2) Pengaruh yang lebih baik pengaruhnya antara metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap  peningkatan  ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar yang berjumlah 30 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua populasi yaitu 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas.`
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran massed practice dan distributed practice meningkatkan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball dengan pembelajaran massed practice sebesar 29.054%. Sedangkan peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball dengan pembelajaran distributed practice 14.085%.
Setelah melakukan penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) .  Ada perbedaan pengaruh pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar tahun ajaran 2014/2015, dengan thitung = 4,740 > ttabel = 2,145; (2) Metode pembelajaran massed practice lebih baik pengaruhnya dari pada latihan distributed practice terhadap kemampuan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar tahun ajaran 2014/2015, dengan peningkatan massed practice = 29.054%> ditributed practice = 14.085%.
Kata kunci: ketepatan lemparan atas bola softballl, metode pembelajaran massed practice dan distributed practice.

×
Penulis Utama : Fuad Mustofa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5610036
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Massed Practice dan Distributed Practice terhadap Hasil Ketrampilan Ketepatan Lemparan Atas Bola Softball Ekstrakurikuler Softball Kelas X SMK Bhina Karya Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Olehraga dan Kedehatan-K5610036-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Agustiyanto, M.Pd
2. Fadilah umar, S. Pd,M. Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.